Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Honda Meluncur Paling Lambat 2024

Kompas.com - 28/08/2022, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu produsen kendaraan roda dua terkemuka di India, Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI), berencana untuk meluncurkan motor listrik pertamanya.

Dilansir dari Financial Express (28/8/2022), motor listrik ini bakal diluncurkan dalam rentang waktu 1-2 tahun ke depan. Artinya, motor ini paling cepat meluncur pada 2023 dan paling lambat 2024.

Seperti diketahui, setelah melalui tahap studi kelayakan, kini HMSI telah bergerak ke tahap pengembangan untuk motor EV perdana.

Baca juga: Baru Meluncur, Legacy SR3 Buatan Laksana Siap Ekspor

PCX ElectricFoto: Istimewa PCX Electric

Sebagai informasi, India akan mengadopsi regulasi OBD 2, yang mengatur emisi lebih ketat mulai April 2023. Pabrikan roda dua pun harus berpacu dengan waktu untuk memenuhi regulasi tersebut.

"Kami sedang dalam tahap pengembangan terkait dengan sepeda motor kelas bawah. Kami harus memenuhi peraturan emisi baru untuk tahun anggaran berikutnya,” ujar Atsushi Ogata, Presiden, Direktur Pelaksana, dan CEO HMSI, dikutip dari Financial Express (28/8/2022).

"Tahun depan di segmen menengah ke atas ada satu di segmen 160 cc. Tahun depan juga ada skutik 125 cc. Tahun depan juga akan kami perkenalkan model baru di kategori 300-350 cc,” kata Ogata.

Baca juga: Biaya Isi Bensin Full Tank Nmax dan Beat jika Pertalite Naik

Selain aturan emisi yang baru, ketersediaan semikonduktor yang terus meningkat juga jadi alasan Honda meluncurkan beberapa jenis motor hingga beberapa tahun ke depan.

“Sejak awal tahun ini, berkat pembukaan kembali sekolah dan pembukaan kembali kantor, kami dapat melihat momentum yang sangat positif bahkan dari daerah pedesaan,” ucap Oguta.

“Kami menjaga momentum yang baik dibandingkan dengan tiga tahun terakhir. Kami memiliki permintaan meriah yang datang dan masalah kekurangan cip semakin baik,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com