Kompas.com - 29/08/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Subaru XV hadir menambah pilihan di segmen sport utility vehicle (SUV). Secara fitur, kedua mobil ini bersaing cukup ketat. Tapi, bagaimana dengan mesin dan performanya?

Subaru XV dibekali mesin boxer 4-silinder, DOHC, dan berkapasitas 1.995 cc. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 154,2 tk pada 6.000 rpm dan torsi mencapai 196 Nm pada 4.000 rpm.

Baca juga: Adu Fitur Subaru XV dan Honda HR-V RS, Mana Lebih Lengkap?

Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi Lineartronic CVT. Tenaga dari mesinnya juga disalurkan ke semua roda alias berpenggerak all-wheel drive (AWD).

Komparasi Subaru XV dengan Honda HR-V RSKompas.com/Donny Komparasi Subaru XV dengan Honda HR-V RS

Sementara untuk Honda HR-V RS, mengandalkan mesin VTEC, 4-silinder segaris, DOHC, berkapasitas 1.498 cc, tapi sudah dilengkapi dengan turbo. Sehingga, tenaga yang dihasilkan mencapai 174,5 tk pada 6.000 rpm dan torsi hingga 240 Nm pada rentang 1.700 rpm hingga 4.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan langsung ke roda depan. Sedangkan mesinnya, dipadukan dengan sistem transmisi CVT.

Baca juga: Adu Kabin Subaru XV dan Honda HR-V RS, Mana Lebih Unggul?

Jika lihat kapasitas mesin, Subaru XV memang jauh lebih besar dibanding Honda HR-V RS. Tapi, ternyata tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar HR-V RS. Begitu pula dengan torsi yang dihasilkan.

Komparasi Subaru XV dengan Honda HR-V RSKompas.com/Donny Komparasi Subaru XV dengan Honda HR-V RS

Namun, Subaru XV memiliki keunggulan dari sistem penggerak rodanya. Sebab, mobil ini jadi satu-satunya yang mengandalkan AWD di kelasnya.

Kemudian, dari segi harga, Subaru XV yang diimpor secara utuh dari Jepang juga dibanderol lebih terjangkau, yakni Rp 499,5 juta (OTR Jakarta). Sementara Honda HR-V RS yang sudah dirakit di Indonesia, harganya mencapai Rp 515,9 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.