Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Pasrah Musim Depan Harus 44 Kali Balapan

Kompas.com - 29/08/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai musim depan, MotoGP akan mengubah format balapan menggunakan sprint race. Menurut Aleix Espargaro, jumlah tersebut terlalu banyak.

MotoGP 2023 rencananya akan digelar sebanyak 22 seri. Dengan format sprint race, maka balapannya jadi berjumlah 44 kali. Meskipun, tiap serinya akan dipangkas menjadi setengah dari durasi normalnya.

Baca juga: Aleix Espagaro Sempat Kesal Alami Masalah Teknis di MotoGP Austria

Dorna Sports menyebut format ini akan memberikan tontonan lebih seru dan mengundang penonton lebih banyak. Namun, tak sedikit juga para pebalap yang menyatakan keberatan, termasuk Aleix.

Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

Pebalap Aprilia tersebut mengatakan, dirinya yakin manajemen MotoGP percaya sprint race adalah jalan terbaik untuk meningkatkan pertunjukan dan olahraga ini.

"Saya tidak membagikan opini ini, ini opini saya. Menurut saya, ini bukan solusi. Risikonya terlalu tinggi, 44 balapan terlalu banyak di kelas MotoGP," ujar Aleix, dikutip dari Speedweek.com, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Aleix Ternyata Balapan dengan Tulang Retak di MotoGP Inggris 2022

Aleix Espargaro (Aprilia) dan Fabio Quartararo (Yamaha) saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Italia pada 28 Mei 2022. Setelah jeda selama lima minggu, para pebalap MotoGP akan kembali beraksi di MotoGP Inggris 2022, 5-7 Agustus 2022. Para MotoGP 2023, Dorna Sports akan menyelenggarakan sprint race MotoGP.AFP/FILIPPO MONTEFORTE Aleix Espargaro (Aprilia) dan Fabio Quartararo (Yamaha) saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Italia pada 28 Mei 2022. Setelah jeda selama lima minggu, para pebalap MotoGP akan kembali beraksi di MotoGP Inggris 2022, 5-7 Agustus 2022. Para MotoGP 2023, Dorna Sports akan menyelenggarakan sprint race MotoGP.

Aleix menambahkan, Dorna Sports menyebut durasinya sama saja seperti sesi latihan bebas FP4. Tapi, itu omong kosong, karena tidak sama seperti balapan di mana ada poin yang diberikan.

"Tapi, saya akan coba dan kami harus beradaptasi dengan kejuaraan. Sekarang, itu pilihan Anda, kami harus menghadapi itu. Tapi, mungkin ini adalah solusi yang bagus," ujar Aleix.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.