Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Ternyata Balapan dengan Tulang Retak di MotoGP Inggris 2022

Kompas.com - 10/08/2022, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro tidak bisa tampil maksimal pada MotoGP Inggris 2022 yang digelar di Sirkuit Silverstone. Dia mengalami cedera karena terjatuh cukup keras.

Aleix mengalami highside saat motornya sedang melaju di kecepatan 160 km/jam. Saat itu, Aleix sedang mencoba ban tipe hard pada sesi latihan bebas FP4.

Baca juga: Dovizioso Sebut Karier Aleix Espargaro Mirip dengan Dirinya

Pebalap Aprilia ini terlempar ke udara dan terbanting cukup keras pada kaki kanannya. Saat dibawa ke Medical Centre dan dilakukan rontgen, hasilnya tidak terlihat adanya tulang yang retak.

Aleix Espargaro mengalami highside saat balapan pada MotoGP Inggris 2022Kompas.com/Donny Aleix Espargaro mengalami highside saat balapan pada MotoGP Inggris 2022

Sehingga, Aleix masih diizinkan untuk mengikuti balapan. Meskipun cedera, tapi pebalap asal Spanyol ini masih bisa bertahan menyelesaikan balapan dan finis di posisi kesembilan.

Namun, setelah balapan, Aleix masih merasa kesakitan dan akhirnya dia pun memutuskan untuk memeriksa kakinya lagi di rumah sakit. Terbukti, pada pemeriksaan kedua, terlihat adanya keretakan pada tulang kaki kanannya.

Baca juga: Dovizioso Sebut Karier Aleix Espargaro Mirip dengan Dirinya

"Setelah pemeriksaan medis yang dilakukan hari ini di Rumah Sakit Dexeus di Barcelona, Aleix Espargaró telah didiagnosis dengan keretakan pada tumit kaki kanannya. Pembalap Spanyol ini menjadi korban dari high-side yang menakutkan saat sesi latihan bebas terakhir di Silverstone, akan tetapi dapat dengan tenang turun ke trek untuk kualifikasi dan balapan hari Minggu," tulis Aprilia, dalam keterangan resminya.

Aleix Espargaro mengalami highside saat balapan pada MotoGP Inggris 2022LUIGI SOLDANO Aleix Espargaro mengalami highside saat balapan pada MotoGP Inggris 2022

"Cedera tersebut tidak memerlukan perawatan bedah, dan Aleix telah direkomendasikan untuk istirahat total selama tujuh hari di mana ia harus menggunakan kruk agar tidak memberikan ketegangan lebih pada kakinya yang cedera. Tujuannya adalah untuk tiba di balapan akhir pekan berikutnya (19-21 Agustus, Austria) dalam kondisi fisik terbaik," sambung pernyataan resmi Aprilia.

Saat ini, Aleix masih ada di peringkat kedua klasemen sementara dengan total 158 poin. Selisihnya hanya 22 poin dengan Fabio Quartararo yang ada di puncak klasemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com