Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mesin dengan Tambahan Turbo Lebih Hemat Bahan Bakar?

Kompas.com - 26/08/2022, 06:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil zaman sekarang memang semakin bervariasi pilihan mesinnya. Sebut saja untuk SUV perkotaan seperti Toyota Raize, tersedia mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc non turbo.

Ada anggapan kalau mesin yang memakai turbo bisa lebih hemat bahan bakar, bahkan lebih bertenaga. Lalu apakah benar anggapan tersebut?

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi, mengatakan, dengan bantuan turbo maka kinerja mesin akan lebih ringan, sehingga bukan tidak mungkin mesin dengan turbo akan lebih hemat BBM.

Baca juga: Yamaha Siapkan E-Vino Terbaru dengan Jarak Tempuh Lebih Jauh

Ilustrasi turbocharger mesin diesel.morindiesel.com Ilustrasi turbocharger mesin diesel.

"Kalau mesin turbo itu kalau kita mau performa kan tidak perlu injak gas terlalu dalam, jadi setidaknya konsumsi bahan bakar juga bisa lebih irit," kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Jadi bisa dibayangkan, untuk performa yang tinggi, mesin dengan turbo tidak perlu usaha yang banyak. Jika dibandingkan dengan non turbo, mungkin butuh putaran mesin lebih tinggi agar dapat menyaingi.

Baca juga: Lelang Ford Escort RS Turbo Bekas Putri Diana, Kondisinya Istimewa


"Kalau menurut saya lebih ke arah performanya, sehingga kecepatan bisa diatur dan tidak begitu boros tetapi mencapai performa yang kita inginkan," kata Didi.

Selain lebih irit, ada lagi kelebihan dari mesin turbo, yakni tenaga yang lebih besar. Sebagai contoh saja, mesin 1.000 cc turbo Raize lebih bertenaga daripada yang 1.200 cc, selisihnya sekitar 10 TK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com