Kompas.com - 22/08/2022, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji emisi wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor yang kendaraannya berusia lebih dari tiga tahun pemakaian. 

Untuk diketahui, uji emisi sendiri merupakan pengujian kinerja kendaraan bermotor, dilakukan untuk mengetahui tingkat efisiensi pembakaran mesin kendaraan tersebut.

Ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meminimalisir dampak efek rumah kaca karena kepadatan kendaraan di Ibu Kota.

Ada sanksi yang bisa dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor yang tidak melakukan uji emisi. Di antaranya adalah denda pajak dan tidak bisa memperpanjang Surat Keterangan Nomor Kendaraan (STNK).

Baca juga: Catat, Ini Pentingnya Blokir STNK Saat Kendaraan Sudah Dijual

Untuk melakukan uji emisi, pemilik kendaraan bisa mendaftar melalui aplikasi atau laman resmi E-Uji Emisi di www.ujiemisi.jakarta.go.id.

Langkah ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan uji emisi kendaraan bermotor. Sehingga ke depannya, akan banyak kendaraan yang memenuhi syarat lulus uji emisi.

Laman pendaftaran uji emisi kendaraan bermotorujiemisi.jakarta.go.id Laman pendaftaran uji emisi kendaraan bermotor

Baca juga: Chery Berencana Bawa Pesaing Wuling Air ev di Indonesia

Berikut ini cara mendaftar uji emisi melalui laman E-Uji Emisi:

1. Masukan tanggal rencana kunjungan.

2. Pilih wilayah tempat uji emisi yang akan dituju. Sistem kemudian akan menyaring tempat uji emisi sesuai dengan pilihan wilayah.

3. Masukan nama pendaftar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.