Kompas.com - 22/08/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Low Cost Green Car (LCGC) merupakan salah satu segmen kendaraan yang akhir-akhir ini sering terlihat di jalanan.

Salah satu faktornya adalah harga jual LCGC yang relatif ekonomis. Paling murah, LCGC bisa didapatkan dengan membayar Rp 100 jutaan, lalu merangkak naik sampai Rp 180 jutaan.

Tetapi, bagi para pembelinya juga harus mengikuti beberapa syarat. Salah satu syarat yakni menggunakan BBM minimal dengan RON 92 atau setara Pertamax.

Baca juga: Sering Tenggak BBM di Bawah Standar, Ini Efeknya untuk Mobil LCGC

Daihatsu Ayla 1.0 DJanlika Putri/ kompas.com Daihatsu Ayla 1.0 D

Bahkan pada bagian kaca belakang juga ditempel stiker dengan tulisan rekomendasi BBM yang bisa digunakan. Tapi apa sebenarnya tujuan dari memakai BBM RON 92?

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, penggunaan BBM di LCGC sebenarnya jadi pilihan masing-masing, tapi jika sesuai rekomendasi, maka performa akan maksimal.

"Kami merekomendasikan RON 92 supaya performa mesin maksimal. Kalau RON lebih rendah, maka performa menurun terkait power, efisiensi, dan emisinya," kata Supriyadi kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengguna Skutik yang Bikin CVT Berusia Pendek


Anjar Rosjadi, Division Head Product Planning R&D and Spare Part Division PT ADM menambahkan, pabrikan menganjurkan penggunaan jenis BBM pada produk yang dipasarkan karena untuk menyesuaikan dari spesifikasi mesinnya.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena dengan menggunakan BBM yang tepat bisa memberikan dampak positif. Mulai dengan performa mesin yang terjaga sampai keawetan dari mobil.

"Memang efeknya jangka panjang, karena hitungannya secara total. Intinya dengan menggunakan jenis BBM yang dianjurkan, termasuk untuk LCGC, bisa memberikan performa yang optimal, lebih awet, dan efisiensi yang lebih baik bagi mobil," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.