Ini Sanksi jika Kendaraan Tidak Lulus Uji Emisi

Kompas.com - 22/08/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akan ada sanksi yang diberikan untuk pemilik kendaraan yang tidak melakukan uji emisi kendaraan bermotornya. Ke depannya, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) juga tidak akan bisa diperpanjang jika kendaraannya tidak lulus uji emisi.

Pemilik kendaraan bermotor yang usia kendaraannya lebih dari tiga tahun wajib melakukan uji emisi sebelum membayar pajak kendaraan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto sebelumnya mengatakan bahwa jika tidak lulus uji emisi, pemilik kendaraan bermotor akan dikenakan denda pajak.

Baca juga: Ini Daftar Bengkel Uji Emisi untuk Mobil di Jakarta

"Jika tidak lulus uji emisi dan/atau belum melakukan uji emisi, (pengendara kendaraan bermotor) dikenakan denda pajak," ucapnya seperti dikutip Kompas.com beberapa waktu lalu.

Untuk besaran dendanya, Asep mengatakan bahwa ini masih dalam tahap pembahasan dengan sejumlah kementerian, di antaranya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Pemenuhan baku mutu hasil uji emisi akan dijadikan dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor (PKB) nantinya.

Layanan uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat berbahan bakar bensin dan solar, digelar di kawasan CNI, Kembangan, Jakarta Barat, pada Selasa (5/7/2022).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Layanan uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat berbahan bakar bensin dan solar, digelar di kawasan CNI, Kembangan, Jakarta Barat, pada Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Chery Berencana Bawa Pesaing Wuling Air ev di Indonesia

Walaupun besaran dendanya masih dalam tahap pembahasan, Asep memastikan ketentuan ini akan diterapkan akhir tahun 2022.

Sebagai informasi, catatan DLH menyebutkan bahwa sebanyak 75 persen polusi udara di Ibu Kota berasal dari emisi kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. 

Penerapan uji emisi kendaraan bermotor ini menjadi salah satu upaya untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota. Peraturan ini sedang diformulasikan bersama oleh DLH, Polda Metro Jata, Badan Pengelola Pendapatan Daerah, serta Dinas Perhubungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.