Kompas.com - 20/08/2022, 08:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah merumuskan beberapa strategi untuk mencapai target ekspor yang ditetapkan oleh pemerintah RI pada 2025 sebesar 1 juta unit.

Dikatakan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, beberapa diantaranya ialah mendorong prinsipal otomotif untuk bisa menambah negara untuk diekspor dan memperluas segmen produk yang ditawarkan ke pasar.

"Kita akan membantu approaching ke prinsipal dibantu oleh pemerintah agar bisa menambah negara untuk diekspor. Misalnya, Mitsubishi dan Toyota yang tadinya ekspor ke-30 negara menjadi 40 negara," kata dia ditemui di ICE BSD City, Tangerang, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Meluncur Tahun Depan, Chery Omoda 5 Sudah Punya Peminat

Ilustrasi ekspor mobil Toyotadok.TMMIN Ilustrasi ekspor mobil Toyota

"Kemudian kita akan menggalakkan yang namanya insentif sehingga market di Indonesia akan berkembang. Jadi, otomatis kita akan menambah model yang diproduksi. Dengan itu, semakin banyak pula model kendaraan yang diekspor," tambah nangoi.

Sebab saat ini, model kendaraan yang dirakit maupun diproduksi langsung di dalam negeri mayoritas berjenis multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), dan low cost green car (LCGC).

Sementara model crossover dan sedan masih sangat sedikit. Bahkan Toyota sekalipun, pada tahun ini sudah resmi menyetop aktivitas pembuatan model Vios.

"Jadi yang tadinya hanya ekspor tahu, sekarang lebih banyak seperti tempe, perkedel, dan lain sebagainya," kata dia lagi.

Selain itu, Gaikindo juga disebut akan mengembangkan perjanian perdagangan baru dengan negara-negara lain. Tentu, hal terkait juga dengan dibantu oleh pemerintah.

Baca juga: Berharap Harga Mobil Listrik Bisa Makin Terjangkau

"Yang belum punya perjanjian dagang kita, seperti kemarin Australia, nah akan dibuka beberapa negara lagi," ujar Nangoi.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa pihaknya telah menargetkan ekspor mobil dalam keadaan utuh alias completely built up (CBU) dari Indonesia bisa mencapai 1 juta unit pada 2025.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.