Belum Jualan, Chery Indonesia Sudah Bicara Ekspor di 2024

Kompas.com - 20/08/2022, 08:02 WIB


TANGERANG, KOMPAS.com - Meskipun belum resmi jualan, tapi PT Chery Sales Indonesia (CSI) sudah bicara ekspor. Rencananya, merek pelat merah China ini mau ekspor mobil hasil rakitan Indonesia ke beberapa negara, khususnya yang bersetir kanan pada 2024.

Langkah tersebut merupakan salah satu implementasi komitmen prinsipal yang telah dilaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan senilai 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,9 triliun.

"Investasi kita yang sudah dilaporkan beberapa waktu lalu dilakukan dengan 4 fase, dimulai pada 2022. Tiap fasenya, dua tahun dengan rincian fase pertama untuk produksi kendaraan yang berkerja sama dengan local partner," kata Tao Yong, President Director PT CSI saat ditemui di ICE BSD City, Tangerang, Jumat (19/8/2022) sore.

Baca juga: Meluncur Tahun Depan, Chery Omoda 5 Sudah Punya Peminat

Chery Tiggo 8 Pro dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Chery resmi membuka pemesanan awal untuk model Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro di GIIAS 2022.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Chery Tiggo 8 Pro dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Chery resmi membuka pemesanan awal untuk model Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro di GIIAS 2022.

"Fase kedua, kita akan mulai membuat pabrik sendiri sehingga kapasitas untuk produksi sampai 50.000 unit per tahun dari sebelumnya 20.000 unit per tahun. Dalam awal periode terkait, kita juga berencana untuk ekspor," lanjut dia.

Hanya saja ia masih enggan untuk mengungkapkan lebih rinci produk apa yang akan menjalani aktivitas perkapalan tersebut. Namun dari rencana pengenalan produk di Tanah Air, besar kemungkinan adalah Tiggo Series atau Omoda 5.

Mengingat hingga akhir tahun depan atau 2023, CSI mengandalkan Tiggo 7 Pro, Tiggo 8 Pro, dan Omoda 5 baik berbahan bakar bensin dan battery electric vehicle (BEV) di pasar dalam negeri.

"Pastinya, ekspor ini berarti tidak hanya untuk setir kanan tetapi juga termasuk yang setir kiri," ucap Tao Yong.

Baca juga: Ada Regulasi Euro 4, Isuzu Catat Pertumbuhan Pasar di Atas 20 Persen

Chery Omoda 5CHERYINTERNATIONAL.com Chery Omoda 5

Lebih lanjut, pada fase ketiga implementasi investasi terkait, perseroan bakal meningkatkan optimalisasi aktivitas produksi hingga mencapai 100.000 unit per tahun.

Dua tahun berikutnya, total produksi kendaraan di Chery Indonesia diharapkan mencapai 200.000 unit per tahun.

Sebelumnya, Executive Vice President Chery International Charlie Zhang telah menyatakan komitmennya untuk Indonesia dengan menggelontorkan investasi senilai 1 miliar dollar AS.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.