Kompas.com - 18/08/2022, 07:22 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – Memasuki usia ke-10 tahun, PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah punya rencana besar buat Honda Brio. City car sekaligus LCGC ini tampaknya bakal diproyeksikan menjadi mobil listrik pada tahun-tahun mendatang.

Kemunculan Daihatsu Ayla listrik di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2022 lah yang menjadi pemicunya.

Namun Honda masih berhati-hati sebelum meluncurkan mobil listrik, perseroan bakal mencoba peruntungan dengan menghadirkan mobil hybrid lebih dulu pada tahun depan.

Baca juga: Skema Cicilan Segway E200P, Motor Listrik Termahal di GIIAS 2022

Honda Brio di ajang GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Brio di ajang GIIAS 2022

“Tahun depan kami perkenalkan dulu dua model hybrid, tahun berikutnya itu model ‘E’ lainnya akan diperkenalkan juga, termasuk produksi lokal buatan Indonesia,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Rabu (17/8/2022).

“Kami berpikir sebelum ke arah sana, perlu satu jembatan atau bridging ke atah elektrifikasi, di mana perlu pengenalan produk elektrifikasi kepada konsumen,” kata dia.

Meski begitu, Billy mengatakan, pihaknya sudah memiliki rencana elektrifikasi sebab prinsipal Honda menargetkan semua produk harus karbon netral pada 2040.

Baca juga: Stargazer Diklaim Dominasi SPK Mobil Hyundai di GIIAS 2022

Honda Accord dan CR-V hybridKompas.com/ApridaMegaNanda Honda Accord dan CR-V hybrid

“Jadi kalau pertanyaannya apakah tetangga sudah ada mobil murahnya kami akan ikut? Untuk elektrifikasi kami selalu melihat segmen pasarnya seperti apa. Apakah itu diminati, segmen itu oleh konsumen banyak atau tidak,” ucap Billy.

“Saya belum bisa ungkapkan sekarang, yang pasti setelah tahun depan akan ada model E lainnya di segmen tertentu yang selain diperkenalkan juga diproduksi lokal di Indonesia pada tahun-tahun berikutnya,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.