Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 16:49 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pada ajang GIIAS 2022, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menampilkan hasil karya seni berupa Wall LED, alias dinding LED yang didominasi oleh permainan warna dan bentuk visual menarik dengan berbagai kumpulan media art.

Hasil kolaborasi ini merepresentasikan visi Hyundai Progress for Humanity yang berlandaskan nilai kemanusiaan.

Beberapa di antaranya termasuk d’strict (Wave Flat), Shudder (Color Bubble, Feast of Colors, Life and String), BEAMMONSTER (Waterfall, Steps of the Future, The Growth of Dreams) dan Universal Everything (Run Forever).

Baca juga: Cicilan Motor Listrik Alva One, Mulai dari Rp 800.000

Peluncuran Hyundai Stargazer di GIIAS 2022, Kamis (11/8/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Peluncuran Hyundai Stargazer di GIIAS 2022, Kamis (11/8/2022)

“Sebenarnya kami ingin bagaimana break the concept,” ujar Astrid A. Wijana, Head of Marketing PT HMID, di ICE BSD City, Selasa (16/8/2022).

Menurutnya, penyematan dinding LED yang berada di GIIAS 2022 ini baru pertama kali dilakukan oleh Hyundai secara global.

“Kita mulai loading dari 31 Juli, tapi LED Wall masuk sekitar 2 atau 3 Agustus. Sebenarnya mengingat kita kan 2.700 m2 space-nya. Jadi It takes some times, terutama karena luasnya itu,” ucap Astrid.

Baca juga: Penjelasan Honda Kenapa PCX Electric Belum Dijual Massal

Astrid menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan agensi untuk menciptakan beberapa konsep pada pameran kali ini, salah satunya Inspirational Media Wall.

“Karena memang sifatnya satu, kita ingin memecahkan semua zona auto show yang di mana biasanya main dengan wall decorative and so on, gimana caranya kita bisa berbeda,” tutur Astrid.

Lantas, berapa biaya yang dihabiskan untuk membuat dinding LED ini?

Baca juga: Pengembangan New Xpander Cross Butuh Waktu 3 Tahun

Ilustrasi booth Hyundai di GIIAS 2022Dok. Hyundai Ilustrasi booth Hyundai di GIIAS 2022

“Mohon maaf kalau masalah per-budget-an meskipun banyak juga brand yang mau tahu, tapi saya harus merahasiakan hal tersebut. Tapi yang pasti semua ini untuk memanjakan pengunjung GIIAS. Kita ada 1.008 panel LED, ukuran 84x6 meter, luasnya 504 m2,” kata Astrid.

Meski tidak mengungkap secara pasti biaya pembuatan dinding LED tersebut, sumber internal Kompas.com menyebutkan bahwa perlu dana sekitar Rp 5 miliar lebih untuk menyiapkan fasilitas tersebut.

Jadi, LED panel yang disematkan di sana disewa per hari dengan biaya Rp 1 jutaan per meter. Adapun pada tiap meter, terdapat 3-4 modul LED, dengan modul LED ukuran p2,9. Sedangkan LED yang dipakai berasal China, dengan merek Caiyida Technology.

Artinya, dengan luas 504 m2, dan biaya Rp 1 jutaan per meter, setidaknya butuh Rp 500 jutaan per hari untuk sewa LED panel.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP Medio Agustus 2022

Tampilan dinding LED di booth Hyundai pada ajang GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan dinding LED di booth Hyundai pada ajang GIIAS 2022

“Itu biaya sekitar Rp 5 miliar, berikut sistem dan man power selama 12 hari penyelenggaraan GIIAS,” kata sumber Kompas.com yang enggan disebut namanya.

Berkaca dari biaya pemasangan dinding LED Hyundai, berarti biaya yang diperlukan setara 6 unit mobil listrik Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range. Seperti diketahui, harga jual Ioniq 5 Prime Standard Range saat ini dipatok Rp 748 juta on the road Jakarta.

Sebelumnya, Hyundai menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk “Tampilan Layar LED Terbesar di Pameran Otomotif” melalui kehadiran Inspirational Media Wall LED di GIIAS 2022.

Baca juga: Pembeli Stargazer Bisa Tukar Unit Baru jika Mengalami Kecelakaan

Hyundai Stargazer meluncur di GIIAS 2022, didampingi eksekutif PT Hyundai Motors Indonesia dan duta merek Ananda Omesh.KOMPAS.com/Serafina Hyundai Stargazer meluncur di GIIAS 2022, didampingi eksekutif PT Hyundai Motors Indonesia dan duta merek Ananda Omesh.

Penghargaan ini diraih karena layar LED tersebut memiliki luas sebesar 504m². Penyerahan penghargaan diserahkan secara langsung oleh Awan Rahargo, Direktur Marketing MURI, di booth Hyundai di Hall 1A di ICE BSD City.

“Kami mengapresiasi Hyundai yang menampilkan booth-nya dengan LED Wall yang telah mencetak rekor MURI untuk Tampilan LED Terbesar di Pameran Otomotif,” kata Awan Rahargo, Direktur Marketing MURI, Senin (15/8/2022).

“Semoga dengan penghargaan yang diterima hari ini semakin banyak pelaku bisnis yang menampilkan terobosan seperti yang dilakukan Hyundai,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com