Kompas.com - 16/08/2022, 16:01 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com - New Audi Q7 meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. SUV asal Jerman ini mengalami ubahan baik di eksterior, interior dan mesin.

Dari segi desain, SUV baru Audi ini menggunakan bahasa desain terbaru. Fasia depan pakai gril segi delapan Singleframe berukuran besar dengan enam garis vertikal seakan mengokohkan strukturnya.

Di bagian belakang, garis chrome horizontal seakan menciptakan koneksi visual di antara kedua lampu belakang yang menunjukkan desain grafis teknikal yang unik.

Baca juga: Baru Meluncur, Suzuki S-Presso Diskon Rp 5 Juta di GIIAS 2022

New Audi Q7 meluncur di Gaikindo Indonesia Internat?ional Auto Show (GIIAS) 2022.Foto: Audi New Audi Q7 meluncur di Gaikindo Indonesia Internat?ional Auto Show (GIIAS) 2022.

Desain baru itu membuat mobil bertambah panjang hingga 11 mm menjadi 5.063 mm, dengan lebarnya 1.970 mm dan tinggi 1.741 mm. Menjadikan ruang kepala, ruang siku di bagian depan dan belakang paling luas di kelasnya.

Namun fitur yang paling ditonjolknya ialah penggunaan mesin Mild-Hybrid (MHEV). Komponen utama mild hybrid adalah belt alternator starter (BAS) yang mendukung sistem kelistrikan 48 volt yang disimpan dalam baterai lithium-ion.

Aswin Febianto, Product Speciality Expert PT Garuda Mataram Motor (GMM) pemegang merek Audi, mengatakan sistem ini memungkinkan konsumsi bahan bakar lebih hemat hingga 0,7 liter per 100 km.

New Audi Q7 meluncur di Gaikindo Indonesia Internat?ional Auto Show (GIIAS) 2022.KFoto: Audi New Audi Q7 meluncur di Gaikindo Indonesia Internat?ional Auto Show (GIIAS) 2022.K

"Saat pengereman, BAS dapat menghasilkan tenaga hingga 8 kW dan mengembalikannya kepada baterai," kata Aswin di GIIAS 2022, di ICE BSD, Tangerang, Selasa (16/8/2022).

"Saat pengemudi mengangkat kakinya dari pedal gas pada kecepatan antara 55 hingga 160 km/jam, mobil akan memulihkan energinya, mengelinding selama 40 detik dengan mesin yang mati," kata dia.

Baca juga: Kia Masih Pilih Impor Mobil Dibanding Rakit Lokal

BAS akan menyalakan kembali mesinnya saat pedal gas kembali diinjak, dan ini bekerja dengan cepat dan lebih halus dibandingkan starter konvensional.

Audi Q7 3.0 QuattroKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Audi Q7 3.0 Quattro

New Audi Q7 di Indonesia hanya ditawarkan dalam satu varian yaitu The New Audi Q7 3.0 TFSI quattro berjantung mesin 3.0 liter V6.

Tenaga yang dihasilkannya 340 HP pada 5.200 – 6.400 rpm dengan torsi 500 Nm yang sudah terasa pada 1.370 rpm hingga 4.500 rpm.

Output daya ini disalurkan ke keempat roda melalu transmisi tiptronic 8-speed. Akselerasi 0 – 100 kpj dapat ditempuh dalam 5,6 detik dengan kecepatan maksimal 250 kpj. Konsumsi bahan bakar 11,3 liter per 100 km (urban).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.