Kompas.com - 16/08/2022, 15:12 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) turut meramaikan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dengan membawa sejumlah produk ramah lingkungan. Di antaranya adalah truk listrik Fuso, eCanter.

Truk listrik eCanter sendiri saat ini belum dijual secara massal. Unitnya sedang diuji coba atau melalui tahap proof of concept (uji coba) di Bali,sejalan dengan target pemerintah RI mencapai karbon netral di tahun 2060.

Terkait penjualan secara massal untuk unit eCanter, Fuso tengah melakukan riset atau studi tersendiri terhadap potensi pasar dan infrastruktur jalan di Indonesia.

Baca juga: Mencoba Sensasi Truk Listrik Fuso eCanter di GIIAS 2022, Terasa Spontan

"Pasar Indonesia adalah pasar yang sangat penting untuk Mitsubishi secara global. Dan untuk kedepannya, dapat dijadikan target pasar di sini," ucap Presiden Direktur KTB Nobukazu Tanaka kepada wartawan, di ICE BSD, Selasa (16/8/2022).

Sementara itu, General Manager of Product Strategy PT KTB Bayu Aprizal menjelaskan bahwa pihaknya tengah memulai proses proof of concept (POC) dan mempelajari terlebih dahulu pasar di Indonesia, sebelum mulai menjual eCanter secara massal.

"(Dengan) POC ini kami mempelajari market lebih detail dan aktual. Diharapkan, ada beberapa improve yang bisa berkontribusi dalam pengembangan produk ini. Ke depan, termasuk juga berkoordinasi dengan pemerintah," ucap dia di ICE BSD, Tangerang, Kamis.

Fuso eCanter di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Fuso eCanter di GIIAS 2022

Baca juga: Cicilan Motor Listrik Alva One, Mulai dari Rp 800.000

Ia menekankan, jika semua aspek sudah jelas maka baru pihaknya diharapkan bisa segera menuju ke arah penjualan eCanter secara massal.

Sebelumnya, truk eCanter juga pernah mejeng di pameran untuk sekedar dikenal oleh masyarakat saja. Namun tes pasar masih dilakukan, dan spesifikasi untuk pasar Indonesia juga belum dirilis.

Truk ini bisa dilihat di booth Fuso di GIIAS 2022. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi berkendara truk listrik sebagai penumpang atau test drive ala taxi ride.

Pameran masih berlangsung sampai tanggal 21 Agustus 2022. Tiket bisa dibeli melalui aplikasi Auto360 atau melalui laman resmi www.auto360.id.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.