Mencoba Sensasi Truk Listrik Fuso eCanter di GIIAS 2022, Terasa Spontan

Kompas.com - 15/08/2022, 10:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Fuso eCanter kembali mejeng di pameran, kali ini truk listrik tersebut ada di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Namun, bedanya pada pameran kali ini, eCanter bisa dicoba langsung, tepatnya di area tes yang ada di hall 10 ICE BSD. Redaksi Kompas.com pun mendapat kesempatan untuk bisa merasakan sensasinya.

Sayangnya, ketika mau mengetes, tidak bisa sebagai orang yang menyetir, tapi cuma sebagai penumpang alias taxi ride. Jadi ada pengemudi khusus dari Fuso yang disiapkan untuk menjadi pengemudinya.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Bawa Pasukan Euro 4 dan Ramah Lingkungan di GIIAS 2022

Fuso eCanter di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Fuso eCanter di GIIAS 2022

Secara spesifikasi, eCanter punya baterai dengan kapasitas 81 kWh yang disambung ke motor listrik. Tenaga yang keluar dari motor tersebut sebesar 180 TK dan torsi 390 Nm.

Untuk jarak tempuhnya, Fuso klaim kalau eCanter bisa melaju sejauh 100 km dalam kondisi membawa beban 75 persen dari GVW. Truk ini pun punya GVW sebesar 7,5 ton, dengan berat kendaraan dengan sasisnya sekitar 4 ton.

Lalu, bagaimana rasanya naik eCanter?

Baca juga: Deretan Bus di GIIAS 2022, Ada Bus Super Mewah Milik PO Bagong

Fuso eCanter di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Fuso eCanter di GIIAS 2022

Sebelum naik, bisa dilihat kalau tampilan eksterior eCanter tidak berbeda jauh dengan Canter biasa. Bedanya ada pada bagian grille depan, pakai aksen hitam dan ada lampu biru yang menyala saat truk aktif.

Saat masuk ke kabin, terasa lebih premium dibanding Canter pada umumnya. Pertama, ada permainan warna hitam piano dengan logo eCanter di kabin. Selain itu, bangku pengemudi juga diberi sandaran tangan.

Kemudian, pada kabin juga dilengkapi dengan pengaturan AC yang lengkap. Selain itu, untuk unit tes yang dicoba sudah dilengkapi dengan fitur asisten pengemudi.

Baca juga: Jangan Menyamakan Ekosistem Mobil dan Truk Listrik di Indonesia

Fuso eCanter di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Fuso eCanter di GIIAS 2022

Selanjutnya, ketika menjadi penumpang, tidak terlalu terdengar apakah truk sudah aktif atau belum. Indikator aktif bisa dilihat pada instrumen cluster di mana menyala tulisan ready berwarna hijau.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.