Penjelasan Kondensor Multiflow Lebih Unggul daripada Kondensor Biasa

Kompas.com - 16/08/2022, 13:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kondensor merupakan komponen pada sistem AC yang bertugas mengubah freon dalam wujud gas menjadi cair dengan cara mendinginkannya.

Jadi, setelah freon dikompresi oleh kompresor maka kondisi freon masih panas dalam wujud gas bertekanan tinggi. Setelah itu freon masuk ke kondensor untuk didinginkan sehingga wujud freon akan berubah menjadi cair.

Dengan adanya kondensor diharapkan freon yang sudah melewati proses pendinginan suhunya kembali dingin dan berwujud cairan. Kemampuan kondensor ini berhubungan erat dengan kemampuan AC dalam menyejukkan udara di dalam kabin.

Baca juga: Benarkah Komponen AC Mobil Lawas Lebih Awet?

Ekstra Fan AC Mobil Kompas.com Ekstra Fan AC Mobil

Pemilik Abadi Teknik Spesialis AC Mobil Wahyu, mengatakan untuk sekarang ini sudah ada kondensor tipe baru, yaitu multi flow, dia lebih cepat dalam mendinginkan freon.

“Kondensor multiflow banyak digunakan pada mobil-mobil modern, mobil-mobil tua sebelumnya pakai kondensor biasa, kemampuan kondensor biasa tidak sama dengan kondensor multiflow, lebih cepat mendinginkan yang tipe baru,” ucap Wahyu kepada Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan hal itu bisa terjadi lantaran kondensor multiflow bisa mengalirkan freon pada pipa-pipa yang tersedia sekaligus. Berbeda dengan kondensor biasa yang hanya mampu mengalirkan freon lewat satu pipa saja.

Baca juga: Tanda-tanda Kondensor AC Mobil Minta Diganti

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

“Jadi jelas, kondensor multiflow mampu lebih cepat mendinginkan freon karena freon bisa mengalir lebih cepat serta pipa-pipanya tersedia lebih banyak,” ucap Wahyu.

Dia mengatakan semakin luas penampang media pendingin, maka freon akan lebih cepat dingin. Hal itu berlaku pada kondensor multiflow.

“Mobil tua bisa juga kok dipasang kondensor multiflow, itu akan membuat AC lebih dingin,” ucap Wahyu.

Baca juga: Cara Bikin Usia AC Mobil Lebih Awet

Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil. Kompas.com Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil.

Dia menjelaskan pemasangan kondensor multiflow pada mobil tua bisa dilakukan dengan sedikit modifikasi pada naplenya. Wahyu menegaskan tidak semua bengkel AC mobil bisa melakukan hal demikian, karena melakukan pengelasan saluran AC butuh keahlian khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.