Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Motor Listrik Minerva M1 Bisa Pilih Sistem Cas Baterai

Kompas.com - 16/08/2022, 12:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Miverva Electron M1 resmi meluncur di Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Motor listrik bergenre skutik ini dibanderol dengan harga Rp 16,5 juta on the road (OTR) Jakarta.

Untuk isi daya, Minerva menyediakan dua metode sistem tukar pakai baterai atau swap bekerja sama dengan PT Swap Energy Indonesia, dan telah menyiapkan titik tukar guling baterai di 412 titik Indonesia.

Baca juga: Inden Mobil BMW Sampai Satu Tahun Masih Jadi Kendala

Secara desain tampilan Minerva M1 serupa dengan Smoot Tempur.KOMPAS.com/Gilang Secara desain tampilan Minerva M1 serupa dengan Smoot Tempur.

Namun, Kristianto Goenadi Presiden Direktur PT Bagaskoro Mega Langgeng mengatakan,, pemegang merek Minerva Electron di Indonesia, mengatakan, konsumen juga bisa melakukan pengecasan manual menggunakan charger.

"Kalau mereka tidak mau swap, misalnya suatu daerah yang belum ada baterai swap station kita mereka bisa membeli portable charger, harganya beda itu opsional Rp 800.000. Dijual sama kita," kata Kristianto di ICE BSD City, saat peluncuran, belum lama ini.

Kristianto mengatakan, listrik yang dibutuhkan cuma 200 watt. Tapi akan lebih efisien jika konsumen pakai baterai swap.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP Medio Agustus 2022

Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.Foto: Minerva Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Adapun saat ini kata Kristianto, stasiun tukar pakai baterai Swap Energy sudah berjumlah 400-an titik dan sampai akhir tahun dipercaya sudah bakal lebih dari 1.000 titik.

"Dengan sistem swap baterai (Swap Energy), motor mendapat garansi baterai selamanya dan tidak perlu menunggu lama agar motor bisa dipakai kembali," kata Kristianto.

Kristianto mengatakan saat ini Minerva M1 sudah dirakit di Indonesia di daerah Gresik, Jawa Timur, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 32 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com