Sulawesi Tengah Mulai Memberlakukan Pelat Nomor Putih

Kompas.com - 16/08/2022, 06:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Penerapan regulasi kendaraan pribadi yang menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) berwarna dasar putih dengan tulisan hitam mulai berlaku di sejumlah wilayah Indonesia.

Pelat nomor kendaraan ini menggantikan pelat nomor kendaraan yang sudah lama berlaku yaitu berwarna dasar hitam dengan tulisan putih.

Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah mulai memberlakukan penggunaan pelat nomor kendaraan berwarna putih bagi kendaraan roda dua, Senin (15/8/2022).

Baca juga: Pelat Nomor Putih Mulai Berlaku di Sumatera Selatan

“Iya, sudah mulai dilakukan percetakan baik untuk kendaraan baru dan kendaraan perpanjangan lima tahunan khusus roda dua saja,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng, Kombes Pol Kingkin Winisuda dikutip dari korlantas.polri.go.id, Selasa (15/8/2022).

Namun, Kinkin juga mengatakan jika kendaraan bermotor yang masih menggunakan TNKB berwarna hitam masih berlaku.

Kendaraan dengan pelat nomor hitam hanya perlu menunggu masa berlakunya habis terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan TNKB putih yang baru.

Penerapan pelat putih wajib bagi kendaraan roda dua yang baru maupun perpanjangan. Kingkin menegaskan, penerbitan TNKB warna putih tersebut hanya boleh dilakukan oleh Ditlantas Polda Sulteng, alhasil pemilik kendaraan bermotor dilarang mengubah TNKB sendiri.

Baca juga: Jangan Gaya-gayaan Beli Pelat Putih Secara Online, Tidak Sesuai Spek

Ilustrasi pelat nomor jenis baru
wartakota.tribunnews.com Ilustrasi pelat nomor jenis baru

“Bila melanggar ketentuan tersebut kami berlakukan sanksi merujuk pada peraturan lalu lintas, khusus Ditlantas Polda Sulteng sudah menerima sekira 30.000 lembar pelat dari Korlantas Polri,” kata Kingkin.

Pemberlakuan pelat nomor warna putih ini juga, seiring dengan akan dioperasionalkannya penindakan melalui kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Sulteng. Sehingga masyarakat dimohon tetap membiasakan diri tertib berlalu lintas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.