Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meluncur Bersamaan, Simak Perbedaan Toyota GR 86 dan Subaru BRZ

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 juga dimeraihkan dengan kehadiran beberapa mobil sport, seperti Toyota GR86 dan Subaru BRZ.

Untuk GR86, GIIAS 2022 bukan jadi yang pertama kalinya mobil ini dipamerkan. Sementara untuk BRZ, mobil kedua mobil sport ini memang meluncur ke pasar Indonesia dalam waktu bersamaan.

Semangat kolaborasi memang melebur antara Toyota dan Subaru saat mengembangkan mobil sport kompak ini. Tetapi, meski berstatus product sharing, selalu ada beberapa perbedaan pada kedua mobil sport ini.

Pada bagian depan, jika dilihat sekilas mungkin seperti pinang dibelah dua. Tapi, jika diperhatikan, terlihat perbedaannya di bagian gril. Selain itu, bagian bumper juga memiliki sedikit perbedaan.

Pada lampu utama, BRZ sudah dilengkapi LED DRL yang memanjang hingga ke bagian atas. Sementara pada GR 86, lampu tersebut hanya menghiasi bagian bawahnya saja.

Perbedaan berikutnya adalah bobot kendaraan. Untuk GR 86, bobotnya hanya 1.277 kg. Sedangkan BRZ, beratnya mencapai 1.280 kg. BRZ lebih berat sekitar 3 kg dibanding GR86.

Soal dapur pacu, keduanya memang sama-sama dibekali dengan mesin boxer berkapasitas 2.400 cc. Tapi, rasio kompresinya berbeda. Pada GR86, rasio kompresinya 12,5:1. Sementara pada BRZ, rasionya 13,5:1.

Sehingga, tenaga yang dihasilkan juga sedikit berbeda. Menurut data spesifikasi dari masing-masing APM, GR 86 menghasilkan tenaga hingga 231,7 tk pada 7.000 rpm. Sedangkan BRZ, tenaganya 233,7 tk pada 7.000 rpm. Untuk torsinya masih sama, yakni 250 Nm pada 3.700 rpm.

Pada bagian interior, terdapat sedikit perbedaan. Sebab, interior dan jok BRZ sudah dilapisi dengan material kulit dan Alcantara, bahkan pada varian termurahnya sekalipun. Sementara GR86, tidak menyediakan opsi tersebut.

Terakhir, perbedaan harga yang cukup signifikan. Toyota GR 86 dibanderol Rp 922 juta (OTR Jakarta) untuk tipe manual. Sedangkan tipe matiknya, dijual Rp 938,5 juta (OTR Jakarta).

Saudara kembarnya dipasarkan dengan harga yang lebih murah. Subaru BRZ dibanderol Rp 825 juta (OTR Jakarta) untuk tipe manual. Sementara tipe matik, harganya Rp 850 juta (OTR Jakarta).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/16/080200515/meluncur-bersamaan-simak-perbedaan-toyota-gr-86-dan-subaru-brz

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke