Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2022, 19:50 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang penutupan hari pertama penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan dua produk baru dari line-up Gazoo Racing.

Keduanya adalah All New Toyota GR 86 dan Hilux GR Sport 2022 yang berfokus pada pasar pecinta mobil sporty serta komersial dengan sarat gagah seraya fungsional.

"Sejak kali pertama dikenalkan, varian GR Racing ini mendapatkan animo yang sangat baik dari masyarakat Indonesia. Sebab pasar domestik, selain sangat suka mobil LMPV juga yang sporty," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Motor Listrik Alva One Meluncur, Dijual Rp 34 Jutaan

Peluncuran All New Toyota GR 86 di GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Peluncuran All New Toyota GR 86 di GIIAS 2022

"Dari total line-up GR kita, total sudah ada 105.530 unit yang terserap. Maka di kesempatan ini kita hadirkan enam produk baru di GR Sport, empat diantaranya merupakan pembaharuan dari Ayla, Fortuner, Yaris, dan Rush," lanjut dia.

Sementara dua lainnya, ialah Hilux GR Sport dan All New Toyota GR 86. Namun khusus Hilux GR belum dipasarkan karena masih dalam proses uji tipe agar bisa digunakan di jalanan umum seperti mobil berpenumpang.

Perkiraan perusahaan, hal tersebut dapat tuntas di tahun depan. Sehingga para peminatnya bisa segera menggarasikan mobil dual kabin bergaya sporty itu.

"Kalau yang GR 86, sudah bisa dipesan sekarang dengan harga Rp 938,5 juta. Ini transmisi otomatis, nanti yang manual keluar tahun depan," ujar Anton.

Baca juga: Hyundai Klaim Stargazer Sudah Dipesan Lebih dari 2.000 Unit

Mesin All New Toyota GR 86KOMPAS.com/Ruly Mesin All New Toyota GR 86

Adapun perbedaan dari model 86 biasa, sedikit banyak terdapat pada dapur pacu dan tenaga yang dihasilkan.

Pada versi GR Sport ini, berkat mesin 2.4 L Boxer Engine hasil kolaborasi dengan Subaru, mobil bisa menghembuskan tenaga sampai 235 daya kuda (naik 14 persen dari sebelumnya) dan torsi puncak 250 Nm (naik 18 persen).

Diharapkan, dengan peluncuran dan peremajaan terkait dapat merangsang daya beli masyarakat khususnya pada segmen GR Sport. Serta, meningkatkan semangat tim Gazoo Racing untuk terus mencetak prestasi di kancah mobil sport.

Baca juga: Lexus Meluncurkan RX Hybrid di GIIAS 2022

Toyota Astra Motor resmi meluncurkan GR86 di GIIAS 2022.KOMPAS.com/Dio Toyota Astra Motor resmi meluncurkan GR86 di GIIAS 2022.

Diketahui, sejauh ini sudah ada berbagai prestasi yang diraih tim Gazoo Racing. Satu diantaranya, sembilan tahun berturut menjadi World Championship pada ajang World Rally Championship (WRC).

Kemudian juga sepanjang 2018-2022, menjadi Manufacturer Champion Driver Champion dalam ajang World Endurance Championship (WEC).

Tidak sampai di sana, tim juga meraih overall victory pada ajang Dakar Rally pada tahun 2019 dan 2022 kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com