Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Peluang Daihatsu Ayla EV Jadi Mobil Listrik Murah Massal | Ingat Lagi Lokasi Akses 28 Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Kompas.com - 16/08/2022, 06:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Meski masih berupa prototipe, namun kehadiran Daihatsu Ayla EV di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 cukup mengejutkan.

Sosok Ayla EV menjadi produk yang menyita perhatian pengunjung, bahkan bisa dibilang menjadi salah satu magnet dalam gelaranan GIIAS tahun ini.

Hal tersebut cukup wajar, pasalnya banyak pecinta otomotif yang penasaran soal transformasi mobil murah ramah lingkungan alias LCGC ini, menjadi mobil listrik murni.

Selain itu, ada penerapan rekayasa lalu lintas berupa penerapan sistem ganjil genap di Jakarta. Ini juga berlaku pada akses masuk dan keluar gerbang tol.

Pengguna kendaraan yang melanggar kebijakan tersebut bisa dikenai hukuman berupa denda tilang karena telah melanggar sistem yang berlaku.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada hari Senin, 15 Agustus 2022.

1. Peluang Daihatsu Ayla EV Jadi Mobil Listrik Murah Massal

Ruang mesin Ayla EV yang kini sudah digantikan dengan baterai.KOMPAS.com/STANLY RAVEL Ruang mesin Ayla EV yang kini sudah digantikan dengan baterai.

Pengembangan Ayla EV murni dilakukan Research & Development (R&D) Astra Daihatsu Motor (ADM) Indonesia. Bahkan diklaim mendapat dukungan dari Jepang sebagai pihak prinsipal.

"Mereka (prinsipal) support, tapi kita tetap berkolaborasi. Bahkan mereka juga memberikan keleluasaan karena pada prinsipnya R&D kita juga partner dengan prinsipal, jadi mereka juga memberikan ruang bagi kreativitas teman-teman (Indonesia)," ujar Soni Satriya, Design Engineering Division Head Research & Development (R&D) Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Lantas bagaimana prospek ke depannya, apakah Ayla EV bisa jadi mobil listrik murah massal pertama Daihatsu, atau sebatas mimpi?

Baca juga: Peluang Daihatsu Ayla EV Jadi Mobil Listrik Murah Massal

2. Ingat Lagi Lokasi Akses 28 Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Pantauan arus lalu lintas menuju ruas Jalan Tol Cikampek, Sabtu (30/4/2022).Dokumentasi Jasa Marga Pantauan arus lalu lintas menuju ruas Jalan Tol Cikampek, Sabtu (30/4/2022).

Sanksi ini mengacu pada UU tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009. Dijelaskan, ada denda kurungan maksimal dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Berikut ini lokasi akses gerbang tol di DKI Jakarta yang masuk zona ganjil genap.

Baca juga: Ingat Lagi Lokasi Akses 28 Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

3. Benarkah Motor Listrik Alva Berasal dari Indonesia?

Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.

Motor listrik terbaru, yaitu Alva One, resmi memasuki pasar roda dua Tanah Air dengan melakukan peluncuran di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com