Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Sarana Edukasi, Ada Samsat Digital Nasional di GIIAS 2022

Kompas.com - 15/08/2022, 15:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 tidak hanya menyuguhkan ragam kendaraan, namun juga menjadi sarana edukasi pembayaran pajak digital.

Ada booth Samsat Digital Nasional (SIGNAL) yang bisa dikunjungi di hall 10 ICE BSD, Tangerang, selama masa pameran berlangsung.

SIGNAL sendiri merupakan aplikasi penyelenggara proses layanan pengesahan STNK tahunan, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Baca juga: Simak Syarat dan Cara Bayar Pajak Kendaraan Melalui E-Samsat

Adanya sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi wajib pajak bahwa pengesahan STNK tahunan bisa dilakukan tanpa harus datang ke kantor Samsat.

Wajib pajak tinggal mendaftarkan diri serta data kepemilikan kendaraan perorangan (bukan badan hukum). Pengesahan STNK akan diproses dalam waktu beberapa menit saja.

 

Ilustrasi cara membayar pajak kendaraan bermotor via SIGNAL Polrisamsatdigital.id Ilustrasi cara membayar pajak kendaraan bermotor via SIGNAL Polri

Baca juga: Biaya Servis Wuling Air ev Hingga 100.000 Km, Hanya Rp 4,1 Juta

"Semua dapat anda lakukan hanya melalui smartphone, karena layanan SIGNAL dapat diakses di mana saja, dan kapan saja," ucap Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, dikutip dari NTMC Polri, Senin (15/8/2022).

Sebagai informasi, pameran GIIAS 2022 masih berlangsung hingga 21 Agustus 2022. Tiket bisa dibeli melalui aplikasi Auto360 atau laman www.auto360.id. Perlu diingat, tiket tidak tersedia di lokasi, namun hanya bisa dibeli secara daring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com