Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjawab Selentingan Desain Minerva M1 Mirip dengan Smoot Tempur

Kompas.com - 15/08/2022, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Minerva Electron resmi meluncurkan skuter listrik Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Motor ini menjadi tonggak kembalinya Minerva di pasar roda dua Tanah Air.

Tapi, ada selentingan menyatakan kalau motor listrik Minerva M1 mirip dengan Smoot Tempur, meski bukan indentik. Keduanya adalah motor listrik bergaya skutik.

Setelah memperhatikan desain kedua motor ini, terlihat desain fasia depan sampai belakang tergolong mirip. Mulai dari batok setang, lampu depan, bagian dek kemudian lampu belakang yang besar.

Baca juga: Sah, Kenaikan Tarif Ojek Online Ditunda

Bagian instrumen klasternya juga serupa, di mana speedometer sudah full digital. Penunjuk keadaan motor cukup lengkap, ditambah dengan adanya logo 4G yang juga tersedia di Smoot Tempur.

Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Soal kemiripan ini, Kristianto Goenadi Presiden Direktur PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML) pemegang merek Minerva di Indonesia mengatakan, pihaknya memang punya kerjasama dengan Smoot.

"Kita ada kerjasama dengan Smoot Tempur bukan hanya dalam sisi ini, tapi juga kerjasama dengan perakitan baterai dengan Swap Energy jadi kita ada kerjakan joint venture dengan mereka," kata dia yang ditemui belum lama ini di GIIAS 2022.

Meski secara platfrom sama, Kristianto mengatakan tetap ada perbedaan dengan Minerva M1 yakni bagian produksinya.

Baca juga: Ingat Lagi Lokasi Akses 28 Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Motor listrik Smoot TempurKOMPAS.com/ AGUSTINUS RANGGA RESPATI Motor listrik Smoot Tempur

"Secara kita dalam sisi part kita masuk sendiri, impor sendiri punya lisensi sendiri dan nomor rangka sendiri. Nanti keluar rangka dari Bagaskoro Mega Langgeng. Secara platform bisa dibilang hampir sama," ungkap dia.

Kristianto mengatakan saat ini Minerva M1 sudah dirakit di Indonesia di daerah Gresik, Jawa Timur, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 32 persen.

Untuk baterai, Minerva M1 menggunakan sistem tukar alias swapable yang menggandeng perusahaan penyedia baterai motor listrik Swap, yang juga digunakan oleh Smoot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com