Menjawab Selentingan Desain Minerva M1 Mirip dengan Smoot Tempur

Kompas.com - 15/08/2022, 09:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Minerva Electron resmi meluncurkan skuter listrik Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Motor ini menjadi tonggak kembalinya Minerva di pasar roda dua Tanah Air.

Tapi, ada selentingan menyatakan kalau motor listrik Minerva M1 mirip dengan Smoot Tempur, meski bukan indentik. Keduanya adalah motor listrik bergaya skutik.

Setelah memperhatikan desain kedua motor ini, terlihat desain fasia depan sampai belakang tergolong mirip. Mulai dari batok setang, lampu depan, bagian dek kemudian lampu belakang yang besar.

Baca juga: Sah, Kenaikan Tarif Ojek Online Ditunda

Bagian instrumen klasternya juga serupa, di mana speedometer sudah full digital. Penunjuk keadaan motor cukup lengkap, ditambah dengan adanya logo 4G yang juga tersedia di Smoot Tempur.

Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Soal kemiripan ini, Kristianto Goenadi Presiden Direktur PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML) pemegang merek Minerva di Indonesia mengatakan, pihaknya memang punya kerjasama dengan Smoot.

"Kita ada kerjasama dengan Smoot Tempur bukan hanya dalam sisi ini, tapi juga kerjasama dengan perakitan baterai dengan Swap Energy jadi kita ada kerjakan joint venture dengan mereka," kata dia yang ditemui belum lama ini di GIIAS 2022.

Meski secara platfrom sama, Kristianto mengatakan tetap ada perbedaan dengan Minerva M1 yakni bagian produksinya.

Baca juga: Ingat Lagi Lokasi Akses 28 Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Motor listrik Smoot TempurKOMPAS.com/ AGUSTINUS RANGGA RESPATI Motor listrik Smoot Tempur

"Secara kita dalam sisi part kita masuk sendiri, impor sendiri punya lisensi sendiri dan nomor rangka sendiri. Nanti keluar rangka dari Bagaskoro Mega Langgeng. Secara platform bisa dibilang hampir sama," ungkap dia.

Kristianto mengatakan saat ini Minerva M1 sudah dirakit di Indonesia di daerah Gresik, Jawa Timur, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 32 persen.

Untuk baterai, Minerva M1 menggunakan sistem tukar alias swapable yang menggandeng perusahaan penyedia baterai motor listrik Swap, yang juga digunakan oleh Smoot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.