Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Klaim Asuransi kalau Sampai Terlibat Tabrakan Beruntun

Kompas.com - 24/02/2022, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian tabrakan beruntun belakangan ini marak terjadi. Dalam kondisi seperti ini, biasanya akan saling menuntut antara yang ditabrak maupun yang menabrak.

Bila masing-masing kendaraan sudah memiliki polis asuransi kendaraan bermotor dengan jaminan all risk, tidak diperlukan lagi saling tuntut. Tinggal diselesaikan ke perusahaan asuransi masing-masing secara knock for knock agreement.

Baca juga: Tabrakan Beruntun di Tol Dalam Kota Semanggi, Ingat Jarak Aman 3 Detik

Sementara jika korban atau yang ditabrak dari belakang tidak memiliki asuransi, tapi yang menabrak memiliki polis asuransi kendaraan bermotor, maka bisa saja mengajukan klaim.

Tabrakan beruntun di tol bintaro yang melibatkan mobil VW Scirocco dengan Nissan Xtrail.Twitter Tabrakan beruntun di tol bintaro yang melibatkan mobil VW Scirocco dengan Nissan Xtrail.

Namun, dengan syarat polis asuransi tersebut sudah diperluas dengan jaminan Tanggung Jawab Hukum kepada Pihak Ketiga atau third party liability. Sehingga, kerusakan mobil yang ditabrak dapat diajukan klaim.

Laurentius Iwan Pranoto, SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra, mengatakan, pastikan bahwa pengemudi tidak masuk kategori pengecualian (tidak dilindungi asuransi.

Baca juga: Tabrakan Mobil dengan Bus, Jangan Menyalip di Tikungan

"Seperti tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), melakukan pelanggaran lalu lintas, di bawah pengaruh alkohol, dan sebagainya," ujar Laurentius kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Namun, perlu dicatat bahwa pertanggungan pihak ketiga ini memiliki batas nominal penggantian. Pada umumnya, besaran limit antara Rp 10 juta, Rp 25 juta, hingga Rp 100 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com