Lexus UX 300e Jadi Mobil Listrik Paling Siap buat KTT G20

Kompas.com - 14/08/2022, 07:21 WIB


TANGERANG, KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan segera berlangsung di Bali, tepatnya pada 15-16 November 2022. Lexus UX 300e didaulat menjadi kendaraan delegasi KTT G20.

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi ditunjuk sebagai salah satu perseroan yang dipercaya untuk menyediakan kendaraan resmi untuk mendukung mobilitas pada rangkaian acara tersebut.

Dukungan itu diimplementasikan melalui kendaraan listrik Lexus UX 300e sebanyak 143 unit, yang menjadi bagian kendaraan resmi untuk anggota delegasi dari berbagai negara.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Melepas Filter Udara Bikin Mesin Mobil Makin Garang?

Sebelumnya, Toyota bZ4X digadang akan menjadi kendaraan resmi untuk mendukung perhelatan KTT G20.

Namun sayangnya ada masalah ketersediaan suplai, sehingga mobil listrik UX 300e ditunjuk menjadi kendaraan utama dalam gelaran tersebut.

“Kalau dilihat dari jajaran Lexus, UX 300e menjadi yang paling siap dalam mendukung G20. Dari segi jumlah dan ketepatan waktu,” ucap Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia Jumat (13/8/2022).

Lexus UX300eKOMPAS.com/ADITYO WISNU Lexus UX300e

Seperti diketahui, Lexus UX 300e mulai dipasarkan di Indonesia pada November 2021. Peluncuran Lexus UX 300e di Indonesia merupakan yang pertama di Asia Tenggara saat itu.

Bisa dibilang, UX 300e merupakan compact luxury Crossover berteknologi full listrik (battery electric vehicle/BEV) pertama dari Lexus, sekaligus dari Grup Toyota di Indonesia.

Lantas, setelah digunakan KTT G20, apakah mobil-mobil listrik tersebut akan dijual atau mungkin dihibahkan pada pemerintah?

Baca juga: Pilihan Baru Head Unit Aftermarket untuk Mobil

Menjawab hal ini, Bansar belum mengetahui secara pasti dan sedang melakukan studi bagaimana kelanjutan nasib dari UX 300e itu. Pasalnya untuk saat ini pihaknya tengah fokus mengadakan 143 unit untuk acara KTT G20.

“Kami sedang studi, tapi untuk sekarang kami sedang fokus memenuhi 143 unit itu,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.