Mitos atau Fakta, Melepas Filter Udara Bikin Mesin Mobil Makin Garang?

Kompas.com - 13/08/2022, 20:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Muncul anggapan dari masyarakat bahwa melepas saringan udara bisa membuat mesin makin garang. Beberapa pelaku otomotif, merasa lebih percaya diri ketika saringan udara di mesin tidak dipasang.

Hal itu mungkin saja terjadi karena faktanya suara sedotan udara pada mesin menjadi lebih terdengar ketika tidak dipasang saringan udara. Namun, apakah hal tersebut benar-benar membuat mesin lebih garang?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan pelepasan saringan udara sebenarnya tidak membuat tenaga mesin semakin besar, tapi hanya menyebabkan suara mesin semakin keras terdengar.

Baca juga: Mobil Tanpa Filter Udara Konsumsi BBM Bisa Jadi Lebih Boros

Ruang mesin Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ruang mesin Jeep Compass

“Tanpa filter udara, tidak ada redaman aliran udara masuk, jadi pengambilan udara secara langsung membuat udara terpecah di area kap mesin, itulah yang berefek suara sedotan mesin lebih kencang dan memberi sugesti tarikan lebih garang,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (13/8/2022).

Dia mengatakan anggapan mesin lebih garang atau bertenaga tanpa menggunakan saringan udara itu tidak tepat. Tentu saja, garang tidak hanya sekadar suaranya saja, seharusnya diimbangi dengan tarikan mesin yang lebih responsif.

“Kalau benar (anggapan tersebut) tentulah mobil-mobil balap tidak pakai saringan udara, kenyataannya kan pakai saringan semua,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Korelasi Filter Udara Kotor yang Bikin Mobil Boros BBM

Boks filter udara Toyota AvanzaDok. YouTube Andiazuno Boks filter udara Toyota Avanza

Dia mengatakan sensor udara didesain untuk mengukur volume udara yang mengalir ke ruang bakar berdasarkan aliran yang stabil, dalam artian saat menggunakan saringan udara.

“Udara yang langsung, tanpa diredam oleh saringan berpotensi menghasilkan pengukuran volume udara tidak tepat, itu bisa membuat campuran bahan bakar dan udara lebih kurus dari yang seharusnya,” ucap Ibrohim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.