Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Baru Head Unit Aftermarket untuk Mobil

Kompas.com - 13/08/2022, 19:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 TANGERANG, KOMPAS.com - Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Asuka Car TV meluncurkan dua produk dengan fitur yang menarik.

Pertama ada head unit dengan fitur deteksi udara dan membunuh virus dan satu lagi Smart Android Interface Box, alat yang menambah fitur rasa head unit android tanpa ganti yang standar.

Albert Lim, Direktur PT Intersis Sejahtera Abadi yang menaungi brand Asuka Car TV, memperkenalkan head unit canggih dengan kemampuan mendeteksi CO2 dan sanggup membersihkan udara hingga partikel PM2.5 termasuk membunuh virus. 

Baca juga: Astra Financial Incar Transaksi Rp 1,5 Triliun di GIIAS 2022

Produk baru Asuka Car TV di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Produk baru Asuka Car TV di GIIAS 2022

“Beberapa pabrikan kendaraan Jerman premium saat ini sudah mulai menggunakan CO2 Sensor demi keselamatan penumpang di dalam mobil. Seiring juga dengan visi kami, kami luncurkan Head Unit Aftermarket yang terdapat Carbon Dioxide Sensor yang dapat mengindikasi kadar CO2, dan Air Purifier yang dapat mematikan virus di dalam mobil demi kesehatan. Tipe yang akan kami luncurkan adalah ASUKA ACK-509/510 MAX,” jelas Albert di GIIAS 2022.

Head unit ini mengintegrasikan alat CO2 sensor dengan air purifier. Ditambah, head unit ini memiliki sistem Android terbaik dengan kualitas layar yang sangat baik yakni QLED beresolusi 2K.

"Pengaplikasian CO2 Sensor dalam kendaraan sangat penting karena Karbon Dioksida tidak berwarna atau berbau. Seperti kita tahu, Kadar CO2 dalam kabin yang berlebihan, menyebabkan Oksigen yang masuk ke tubuh berkurang, sehingga datang rasa kantuk. Kantuk saat berkendara sangat berbahaya karena dapat menyebabkan microsleep driving atau Sleep-Deprived Driving. Seandainya Indikator CO2 menyala, maka pengemudi dapat dengan segera mencari tempat istirahat terdekat,” ucapnya.

Baca juga: Ragam Produk Cairan Otomotif di GIIAS 2022

Sedangkan fitur air purifier bisa membunuh virus yang berbahaya untuk manusia. Pada head unit Asuka, bisa ditampilkan kualitas sampai mengaktifkan dan mematikan air purifier.

“Bukan hanya menampilkan kualitas PM2.5 di layar, tetapi dengan Headunit dari Asuka juga dapat melakukan control apabila ingin menyalakan atau mematikan secara manual, dan juga diset untuk bisa nyala dan mati otomatis mengikuti kualitas udara PM2.5 dalam kabin mobil,” kata dia.

Albert Lim menuturkan, keunggulan dari penggunaan Air Purifier ini adalah untuk kesehatan pengguna kendaraan di dalam kabin, dapat menjaga kualitas udara tetap bersih dalam mobil. 

Produk baru Asuka Car TV di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Produk baru Asuka Car TV di GIIAS 2022

”Dengan AP-100 anda tidak perlu melakukan special maintenance, karena tidak perlu ganti/beli HEPA filter, jadi cukup hanya pembelian 1 kali unit AP-100 saja,” jelasnya.

Secara spesifikasi, head unit Asuka untuk seri ACK-509/510MAX dilengkapi dengan RAM 8 GB dan memori 128 GB.

Produk kedua adalah Asuka Smart Android Interface Box S-302+. Ini merupakan jawaban bagi orang yang mau punya head unit android namun tidak mau bongkar head unit standar.

Produk baru Asuka Car TV di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Produk baru Asuka Car TV di GIIAS 2022

TJ Darmawan, brand manager Asuka Car TV menjelaskan mungkin beberapa orang mengganti head unit adalah hal yang ribet karena harus dibongkar dasbor atau lainnya.

"Saat ini, sudah ada satu unit yang dapat menjadikan headunit bawaan mobil menjadi android tanpa perlu ganti headunit," kata Darmawan.

Perkenalkan, Smart Android Interface Box S-302+. Berukuran super mini, Anda bisa merasakan pengalaman streaming tanpa batas dengan jaringan super kuat, berbasis Android 10 operating system. Untuk mendukung performanya, S-302+ dilengkapi dengan built in CPU ARM Cortex -A72 x 2, A53x4.

Produk baru Asuka Car TV di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Produk baru Asuka Car TV di GIIAS 2022

Beragam fitur melimpah sudah tersematkan pada head unit bawaan Anda, mulai dari Youtube, Disney Hotstar, Netflix, Maps, hingga terintegrasi langsung dengan DTV, DVR, dan AVM. Salah satu andalan S-302+ adalah Bluetooth 5.0 dengan kecepatan transfer paling maksimal dibandingkan versi sebelumnya.

“Cukup dengan Smart Android Interface box S-302+ dari asuka, Konsumen dapat menghadirkan fitur android di dalam mobil. Pastikan terlebih dahulu terdapat fitur Apple Car Play di dalam mobil, maka S-302+ ini dapat tersambung di mobil konsumen menggunakan kabel USB," kata Darmawan.

“Smart Android Interface Box S-302+ ini dibanderol seharga 7,7jt selama pergelaran pameran GIIAS 2022. Bagi yang ingin dimanjakan oleh fitur Android layaknya smartphone, S-302+ ini bisa dijadikan salah satu pilihan konsumen dalam menghadirkan car entertainment di dalam mobil.”

Sedangkan untuk ASUKA ACK-509/510 MAX, menjelang hari kemerdekaan ada promo menarik. Head unit canggih ini dibanderol Rp 17,8 juta, termasuk pemasangan 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com