Haruskah Ganti Filter Setiap Ganti Oli Mesin?

Kompas.com - 13/08/2022, 18:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu ritual perawatan wajib mobil kesayangan adalah rutin mengganti oli mesin. Jika berpedoman aturan standar pabrikan, ganti oli juga diimbangi pergantian filter oli.

Pasalnya, tugas filter oli ini tak kalah pentingnya dengan pelumas mesin. Sirkulasi pelumas dari bak carter penampungan sebelumnya disaring agar tak ada kotoran partikel gram besi yang terbawa.

Perlu diketahui, oli mesin yang digunakan terus menerus akan mudah terkontaminasi dengan kotoran.

Meski begitu, ada dua anggapan bahwa baiknya pergantian filter oli dilakukan sekaligus bersamaan dengan ganti oli. Kemudian, pendapat berikutnya menyebut dua kali ganti oli baru filter oli habis masa pakainya. Lalu, benarkah demikian?

Menurut Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, lebih baiknya jika setiap servis pergantian oli, filter ikut diganti. Sebab, sisa kotoran oli lama masih mengendap di dalam saringan tersebut.

"Kalau ganti oli tanpa filter sama saja membiarkan kotoran endapan partikel oli masih tersisa di saringan oli," kata Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (13/8/2022). 

Baca juga: Semarang Jadi Kota Pertama yang Memesan Bus Listrik MAB

Bambang menjelaskan, baru ganti pelumas tetapi filter oli menggunakan yang lama sama halnya mencampurkan gula dengan segelas air. Oli baru akan larut dan kualitasnya berubah karena terkontaminasi partikel-partikel berukuran halus.

Filter Oli Dicky Aditya Wijaya Filter Oli

Selain itu, filter oli yang kotor tidak akan sebaik filter baru dalam penyaringan. Sehingga, fungsi laten sistem pelumas sebagai cairan pembersih komponen mesin tidak akan maksimal.

"Jadi lebih banyak keuntungan yang didapatkan dari ganti filter oli bersamaan dengan pergantian oli mesin. Begitupun jika dihitung berdasarkan nilai ekonomis, jatuhnya bisa lebih murah," ucap Bambang.

Hal serupa di utarakan Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro. Ia mengatakan, manfaat ganda bisa di dapatkan jika melakukan pergantian oli dan filter dalam waktu bersamaan.

Nilai plusnya sirkulasi dan kualitas oli baru supaya lebih baik karena sisa endapan kotoran gram besi dan residu logam bisa bersih.

"Ganti oli sekaligus filter manfaatnya dan keuntungan double sekaligus. Disatu sisi oli baru bisa tetap bersih, serta sirkulasi oli lebih lancar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.