Semarang Jadi Kota Pertama yang Memesan Bus Listrik MAB

Kompas.com - 13/08/2022, 09:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) menyerahkan satu unit bus listrik kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jumat (12/8/2022).

Nantinya, bus berkapasitas 45 penumpang itu akan dijadikan sebagai transportasi Bus Angkutan Penumpang Wisata.

"Bus listrik diharapkan dapat mengurangi polusi udara. Sekaligus meningkatkan daya tarik dan promosi wisata Kota Semarang," kata Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Hendi juga mengatakan, langkah awal migrasi era elektrifikasi di Kota Semarang, bertahap akan di wujudkan dengan memperbanyak kendaraan operasional bertenaga listrik.

Baca juga: Oppal Buzz Studio, Pakai Bodi Bus Monokok dari Adiputro

Bus listrik baru buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) akan digunakan armada transportasi wisata Kota SemarangDicky Aditya Wijaya Bus listrik baru buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) akan digunakan armada transportasi wisata Kota Semarang

Selain itu, Pemkot Semarang telah mengalokasikan anggaran Rp 5,1 miliar untuk pengadaan bus listrik serta perangkat pengisi daya untuk kendaraan listrik.

"Anggaran Rp 5,1 miliar. Rp 4,5 miliar untuk pembelian bus, sisanya untuk charger-nya," ucapnya. 

Sebelumnya, aturan penggunaan kendaraan pribadi sudah dilakukan Pemkot Semarang melalui kebijakan wajib menggunakan transportasi umum bagi ASN yang berlaku setiap hari Rabu.

Adapun bus listrik MAB yang diserahkan ke Pemkot Semarang merupakan jenis middle deck tipe MD12E NF.

Direktur Utama MAB Kelik Irwantono mengatakan, sebelum diserahterimakan bus listrik telah melalui Factory Acceptance Test bersama-sama antara MAB dan Pemkot Semarang guna memastikan telah memenuhi standar kualitas yang prima.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Bawa Pasukan Euro 4 dan Ramah Lingkungan di GIIAS 2022

"Semarang jadi daerah pertama di Indonesia yang memesan bus produk dari MAB. Suatu kebanggaan bagi MAB yang telah dipercaya oleh Pemkot Semarang dan penghargaan atas komitmen Pemkot untuk mengoperasikan bus listrik sebagai kendaraan ramah lingkungan di lingkungan Kota Semarang," ujar Kelik.

Bus Listrik MAB SemarangMAB Bus Listrik MAB Semarang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.