Upaya Toyota Perluas Pasar Hilux Jadi Kendaraan Penumpang

Kompas.com - 12/08/2022, 10:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Kehadiran Hilux GR Sport di lantai pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) jadi langkah tidak umum.

Melalui model tersebut TAM ingin mengubah citra kendaraan dari sekadar kendaraan komersial atau niaga, masuk ke segmen mobil penumpang yang bisa menemani kegiatan sehari-hari.

Demikian dikatakan Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy saat ditemui beberapa wartawan di area GIIAS 2022, ICE BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Hilux GR Sport Muncul di GIIAS 2022, Berapa Harganya?

Toyota Hilux GR Sport di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota Hilux GR Sport di GIIAS 2022

"Tapi saya rasa butuh waktu untuk edukasi, karena image pada mobil ini ialah untuk kebutuhan komersial. Tetapi, gradually saya percaya bisa diterima," kata dia, Kamis.

Pasalnya, lanjut Anton, di beberapa daerah Hilux justru dibutuhkan untuk suatu kendaraan pengangkut penumpang seperti di Kalimantan, Sulawesi, sampai di Papua.

Bahkan khusus pada kawasan Papua, lebih banyak yang menggunakan Hilux sebagai mobil berpenumpang dibanding kendaraan angkutan barang ataupun komersial.

"Jadi saya rasa ada segmen itu. Tetapi memang butuh waktu untuk edukasi maupun pengembangannya," ucap Anton.

Hilux GR SportKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hilux GR Sport

"Saya rasa di Jakarta ada juga, tapi memang kita tidak menargetkan volume yang cukup tinggi. Kita lihat dulu animonya, kalau perlu ya kita tambahkan atau mungkin dibawa varian-varian lain," tambah dia.

Hanya saja, untuk saat ini bagi konsumen yang berminat pada Hilux GR Sport belum bisa melakukan pembelian. Sebab kendaraan masih dalam proses uji tipe atau pendaftaran agar legal digunakan di jalan raya.

“Tahun ini kita akan jual, saat ini belum. Tapi kalau ada customer yang lewat, nanti begitu launch bisa langsung dapat,” ucap Anton.

Baca juga: Toyota GR 86 Hadir di GIIAS, Harga Rp 938,5 Juta

Untuk diketahui, Hilux GR Sport menggunakan mesin berkapasitas 2.800 cc 1GD yang memiliki tenaga dan torsi besar yaitu 201 tk dan 500 Nm. Spesifikasi tersebut, seperti yang ada di Thailand dengan nama model Hilux Revo GR Sport.

Guna menambah kenyamanan dan keandalan mobil, pihak TAM juga menyebut telah melakukan special tunning pada bagian suspensi Hilux GR Sport. Namun ia tidak menyebutkannya secara rinci apa saja yang disesuaikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.