Sudah Tiga Bulan Jualan Truk Euro 4, Isuzu Terkendala Suplai

Kompas.com - 12/08/2022, 09:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Aturan mengenai kendaraan diesel yang dijual dan diproduksi di Indonesia wajib punya standar emisi Euro 4, sesuai regulasi mulai April 2022.

Jadi bisa dibilang kalau penjualan truk atau kendaraan bermesin diesel dengan standar emisi Euro 4 sudah dimulai selama tiga bulan. Lalu bagaimana perkembangannya, terutama untuk produk dari Isuzu?

Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), mengatakan, untuk Isuzu, sebenarnya tidak ada kendala dalam hal penjualan kendaraan dengan emisi Euro 4 atau mesin dengan common rail.

Baca juga: Isuzu Belum Jualan Elf EV, Hanya Dipajang di GIIAS 2022

Booth Isuzu di GIIAS 2022DOK. IAMI Booth Isuzu di GIIAS 2022

"Kalau di Isuzu, kita punya Giga (Medium Duty Truck) dengan common rail dari 2011. Jadi sebenarnya buat kita soal common rail, mekanik kita sudah pengalaman," kata pria yang akrab disapa Aat kepada Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Bahkan, Aat menjelaskan kalau saat ini, permintaan truk baru cukup meningkat. Hal ini terjadi seiring dengan terus tumbuhnya perekonomian di Indonesia.

Aat menjelaskan, situasi sekarang, kebutuhan akan truk meningkat di pasar. Namun, di saat yang bersamaan sedang terjadi masalah global mengenai supali logistik.

Baca juga: Lihat Bentuk Legacy SR3 Buatan Karoseri Laksana di GIIAS 2022

"Hal ini yang membuar kita menghadapi kendala suplai dan pasokan barang tersendat, secara dunia (global)," ucap Aat.

Aat menjelaskan, masalah yang terjadi bukan sekadar krisis cip semikonduktor, melainkan menyambung komponen lain. Salah satu yang terhambat adalah vendor Isuzu yang ada di Jepang turut terkena imbasnya.

Oleh karena itu, pasokan truk dengan standar emisi Euro 4 jadi sulit. Bahkan untuk truk medium seperti Giga dan Light Duty Truck seperti Elf untuk beberapa varian mengalami inden.

"Di beberapa varian, seperti medium truck, hari ini kita masih kekurangan untuk memenuhi suplai customer. Pertama Giga, di Elf ada beberaha varian, tapi yang paling terasa ada di Giga," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.