Ada di GIIAS 2022, Toyota bZ4X Perdana Diperkenalkan di Asia Tenggara

Kompas.com - 11/08/2022, 14:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi perkenalkan mobil listrik produksi massal secara perdananya di GIIAS 2022, bZ4X, di Indonesia dan jadi yang pertama di Asia Tenggara.

Melalui perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, langkah tersebut sebagai bagian strategi multi pathway perseroan dalam menuju era elektrifikasi.

Artinya, sebagaimana dikatakan Vice President TAM Henry Tanoto, seluruh masyarakat di berbagai lapisan dapat sama-sama berkontribusi mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor.

Baca juga: Terkendala Suplai, Toyota bZ4x Batal Jadi Mobil Delegasi KTT G20

"Ke depan, sebagai bagian dari strategi Multi-Pathway kami dalam hadirkan teknologi yang lebih lengkap lagi di Indonesia," katanya di GIIAS 2022, BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Toyota bZ4x dipamerkan di booth Toyota GIIAS 2022Dio Dananjaya/Kompas.com Toyota bZ4x dipamerkan di booth Toyota GIIAS 2022

"Kami berencana untuk memperkenalkan model battery electric vehicle (BEV) dengan brand Toyota, termasuk pada kehadiran bZ4X di Indonesia sebagai langkah awal," lanjut Henry.

Baca juga: Mobil Listrik Ayla EV Hasil Kreasi Litbang Daihatsu Indonesia

Ke depannya, menurut Henry, pihak TAM akan mengembangkan pilihan BEV lebih banyak lagi, terkhusus pada pasar Tanah Air.

Adapun nasib bZ4X di perhelatan GIIAS 2022, dikatakan bahwa sifatnya masih untuk dikenalkan saja alias display. Belum ada sesi pengujian bagi peminat di domestik.

Adapun alasannya, menurut dia, lebih kepada strategi perseroan untuk kenalkan kendaraan listrik murni buatan Toyota kepada khalayak ramai.

Toyota bZ4x dipamerkan di booth Toyota GIIAS 2022, ICE, BSD, Tangerang.Dio Dananjaya/Kompas.com Toyota bZ4x dipamerkan di booth Toyota GIIAS 2022, ICE, BSD, Tangerang.

Setelah proses pengenalan dinilai cukup, tidak menutup kemungkinan bZ4X akan dijual masal.

Namun, sayangnya belum ada kepastian jadwal atau waktu yang dibutuhkan agar mobil kompak ramah lingkungan terkait bisa dipasarkan.

"Saya rasa semua ada prosesnya. Di GIIAS 2022 kita memperkenalkan ke warga Indonesia jadi ini merupakan salah satu model battery electric vehicle (BEV) yang akan kita hadirkan di kemudian hari," kata Henry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.