Terkendala Suplai, Toyota bZ4x Batal Jadi Mobil Delegasi KTT G20

Kompas.com - 11/08/2022, 13:01 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – Mobil listrik Lexus UX 300e ditunjuk menjadi kendaraan utama para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali digelar Oktober-November 2022. Padahal sebelumnya Toyota bZ4x yang akan jadi mobil operasional acara tersebut.

Menanggapi hal ini, Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengatakan keputusan ini sepenuhnya diambil pihak penyelenggara.

“Kemarin diumumkan yang Lexus UX300e. (Alasannya) ya enggak tahu, mungkin Lexus kali (yang dipilih). Ini masalah ketersediaan saja, suplainya,” ujar Bob, di booth Toyota pada ajang GIIAS, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Lexus Pamer Mobil Listrik di GIIAS 2022, Ada Mobil Delegasi G20

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, sebanyak 143 unit Lexus UX 300e sebagai mobil delegasi G20 yang didatangkan dari Jepang.

Toyota bZ4x dipamerkan di booth Toyota GIIAS 2022Dio Dananjaya/Kompas.com Toyota bZ4x dipamerkan di booth Toyota GIIAS 2022

"Pemerintah terima kasih atas dukungan TAM (Toyota Astra Motor) dalam G20 yang juga memberikan bantuan untuk 143 Lexus,” kata Airlangga, Rabu (10/8/2022).

“Dan kami berharap Lexus tidak hanya dilibatkan di G20 tapi juga fasilitasnya di TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia). Tentu pemerintah menargetkan penurunan karbon tentu lewat industri otomotif nasional," ujar dia.

Baca juga: Menko Airlangga Penasaran Sama GR 86, Toyota Kasih Bocoran Harga

Seperti diketahui, Lexus UX 300e mulai dipasarkan di Indonesia pada November 2022. Peluncuran Lexus UX 300e di Indonesia merupakan yang pertama di Asia Tenggara saat itu.

Bisa dibilang, UX 300e merupakan compact luxury Crossover berteknologi full listrik (battery electric vehicle/BEV) pertama dari Lexus, sekaligus dari Grup Toyota di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.