Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Gaikindo: Industri Otomotif Harus Kurangi Impor dan Dorong Ekspor

Kompas.com - 11/08/2022, 14:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Saat ini industri otomotif di Indonesia terus berbenah diri untuk mewujudkan harapan pemerintah menjadi pahlawan devisa bagi negara.

Sejalan dengan hal itu, industri otomotif Indonesia terus menggaungkan penggunaan komponen dalam negeri dengan mengembangkan industri nasional.

Baca juga: Honda Cuma Pamerkan SUV Konsep di GIIAS 2022, Meluncur Sebelum Akhir Tahun

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, jika langkah tersebut menjadi upaya agar Indonesia menjadi tempat yang menarik bagi para investor.

“Dan yang paling penting untuk mengurangi impor dan mendorong ekspor baik itu CBU, CKD maupun komponen. Saat ini berbagai jenis kendaraan komponen yang diproduksi di Indonesia telah memiliki kandungan lokal dari 30 persen sampai lebih 80 persen,” kata Yohannes dipembukaan GIIAS 2022, Kamis (11/9/2022).


Yohannes menyebutkan jika sejauh ini industri otomotif menunjukan rapor yang baik untuk ekspor kendaraan dalam kategori untuh atau CBU. Bahkan, torehan tersebut terus meningkat dari tahun ketahun.

Pada periode Januari- Juli 2022 total eksport CBU 242.201 unit yang mana meningkat bandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021. Jika secara presentase, kenaikan angka eksport CBU naik sebesar 45,8 persen di periode ini.

“Tidak berhenti sampai disitu, industri otomotif Indonesia juga memberikan dukungan penuh terhadap upaya dan arah pemerintah Indonesia terkait dengan teransisi menuju energi yang berkenlanjutan. Serta mengembangkan industri otomotif berbasis baterai,” kata Yohannes.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com