Setelah Dipakai KTT G20, 143 Unit Lexus UX 300e Bisa Dijual Massal

Kompas.com - 11/08/2022, 11:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 143 unit Lexus UX 300e dipastikan bakal disediakan PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai dukungan mobilitas dalam rangkaian helatan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, Oktober-November 2022 mendatang.

Pemilihan produk mobil listrik tersebut merupakan bagian dari strategi global dan bentuk komitmen Toyota Group untuk menghadirkan pengalaman atas mobilitas terbaik bagi para deligasi serta masyarakat Indonesia.

Setelah gelaran, sebagaimana dikatakan Vice President PT TAM Henry Tanoto, mobil akan diserahkan kembali ke perseroan untuk kemudian dijadikan sebagai produk edukasi ke masyarakat maupun dijual.

Baca juga: Intip Persiapan Booth BMW dan MINI di GIIAS 2022

Lexus UX300eKOMPAS.com/ADITYO WISNU Lexus UX300e

"Jadi tidak dibalikkan ke prinsipal. Nanti kita yang akan pegang. Harapan kami, akan digunakan masyarakat Indonesia," ucapnya kepada beberapa wartawan belum lama ini.

Namun soal rencana dijual kembali, belum keputusan final. Bisa jadi, mobil listrik premium tersebut akan dipakai untuk fungsi lainnya untuk mengakselerasi era elektrifikasi kendaraan bermotor nasional.

Lexus UX 300e mulai dipasarkan di Indonesia pada November 2020. mobil ini merupakan compact luxury Crossover berteknologi full listrik (battery electric vehicle/BEV) pertama dari Lexus.

Sementara peluncuran Lexus UX 300e di Indonesia merupakan yang pertama dilakukan di Asia Tenggara dengan harga jual Rp 1,245 miliar.

Baca juga: Mobil Listrik KIA EV6 Hadir di Arena Test Drive GIIAS 2022

Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama, yakni pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert (LDA), dan adaptive high beam system (AHS).DOK. LEXUS INDONESIA Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama, yakni pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert (LDA), dan adaptive high beam system (AHS).

"So far, kita sudah masuk ke era kendaraan listrik dari tahun 2009 lewat Prius. Sekarang total customer kita yang menggunakan produk ramah lingkungan itu 6.600 unit, jadi cukup banyak," kata Henry.

"Dari jumlah itu, sekitar 31 unit merupakan Lexus UX 300e. Bahkan data terbaru yakni sampai Juli 2022, total sudah 1.200 unit. Jadi kita lihat acceptance untuk mobil listrik suatu hal yang positif," lanjut dia.

Dengan strategi multi pathway Toyota Group, PT TAM berharap langkah tersebut bisa menjadi ajang edukasi sekaligus menambah pengalaman atas visi terkait ke khalayak ramai khususnya masyarakat Indonesia.

Tahun ini, kata Henry lagi, akan semakin banyak kendaraan elektrik yang dibawa ke pasar dalam negeri baik melalui brand Toyota maupun Lexus. Termasuk di dalamnya ialah bZ4X.

Baca juga: Jelang GIIAS 2022, Ini Bocoran Fitur New Xpander Cross

Menggunakan baterai jenis lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54,3 kilowatt per jam (kWh) yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300 Newton meter (Nm).DOK. LEXUS INDONESIA Menggunakan baterai jenis lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54,3 kilowatt per jam (kWh) yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300 Newton meter (Nm).

Sebagai informasi, Lexus UX 300e mengandalkan baterai Lithium-ion dengan kapasitas 54,3 kWh yang mampu menempuh jarak 400 kilometer saat baterai dalam keadaan penuh.

Motor listrik ini mampu menghasilkan tenaga hingga 204 tenaga kuda (tk), dan torsi maksimal 300 Nm. Adapun durasi pengisian baterai 0-100 persen lewat D Fast Charging kurang lebih membutuhkan waktu 50 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.