Kompas.com - 08/08/2022, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) kembali merebut juara pertama Kejurnas Danau Toba Rally 2022 yang berlangsung di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (5 – 7 Agustus 2022).

Hasil positif tersebut membuat pasangan pereli TGRI Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto yang didukung GR Yaris sesuai dengan regulasi AP4 (Asia-Pacific 4WD), memimpin di Kejurnas Rally Indonesia 2022.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, pebalap dan dan engineer TGRI bahu-membahu berjuang bersama-sama menaklukkan trek sepanjang 333,86 kilometer yang sangat menantang.

Baca juga: Ini Bocoran Mobil Baru di GIIAS 2022, Ada Apa Saja?

Pereli Ryan Nirwan dengan co-driver Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia tampil sebagai juara Kejuaraan Nasional  Danau Toba Rally 2022 putaran pertama di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (7/8/2022). Ryan Nirwan menjuarai Danau Toba Rally 2022 dengan catatan waktu 1:56:07.2.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pereli Ryan Nirwan dengan co-driver Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia tampil sebagai juara Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 putaran pertama di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (7/8/2022). Ryan Nirwan menjuarai Danau Toba Rally 2022 dengan catatan waktu 1:56:07.2.

“Selamat kepada tim Toyota Gazoo Racing Indonesia. Kesempatan untuk menghadirkan GR Yaris sebagai Pure GR yang membawa DNA motorsport Toyota dari ajang balap reli dunia WRC, memberikan kami peluang untuk meraih hasil positif dari lintasan rally di Sumatera Utara yang terkenal keras dan sulit ditaklukkan,” ujar Anton, dalam keterangan tertulis (8/8/2022).

Seperti diketahui, lintasan reli di kawasan HTI TPL Sektor Aek Nauli, Simalungun pernah menjadi lokasi untuk event motorsport internasional.

Di antaranya sebagai trek special stage (SS) World Rally Championship (WRC) pada tahun 1996 dan 1997. Kemudian, kejurnas reli pada tahun 2007, 2019 dan 2021.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Pakai Aplikasi Signal

Sementara di ajang Kejurnas Danau Toba Rally 2022, seluruh peserta menempuh jarak total sepanjang 333,86 km yang terbagi dalam 7 SS yang terbentang di kawasan Aek Nauli, Gorbus, dan Huta Tonga.

“Saya dan Adi sangat bersyukur karena tim TGRI dapat menemukan setting terbaik pada GR Yaris AP4 sehingga kami dapat memaksimalkan performanya untuk meraih juara pertama di Kejurnas Danau Toba Rally 2022,” ucap pembalap TGRI Ryan Nirwan.

“Jujur track-nya tidak hanya menantang, tapi juga sangat panjang di mana durabilitas dari GR Yaris AP4 pun diuji sehingga menuntut kami untuk tetap fokus saat mengemudikannya dalam melalui 7 special stage,” kata dia.

Baca juga: Biaya Resmi Bikin SIM C per Agustus 2022

Warga menyaksikan Kejuaraan Nasional  Danau Toba Rally 2022 putaran pertama di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (6/8/2022). Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing memimpin klasemen sementara hingga Special Stage 6.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Warga menyaksikan Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 putaran pertama di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (6/8/2022). Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing memimpin klasemen sementara hingga Special Stage 6.

Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT TAM, mengatakan, GR Yaris yang digunakan oleh pereli TGRI telah dimodifikasi dengan merujuk pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4) agar dapat berlaga di kelas M1 (Sedan All Wheel Drive) kategori A.

“Mobil ini telah memperoleh pengembangan teknis yang membuatnya lebih ringan dengan adanya pengurangan bobot di beberapa area, lebih aerodinamis dengan penyematan body kit yang gagah dan fungsional, serta lebih responsif berkat sentuhan pada mesin dan transmisi all wheel drive (AWD),” kata Kawashima, pada kesempatan yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.