Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2022, 11:01 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com - Agenda Kejuaraan Nasional (Kejurnas) motocross IndoMax seri 1, resmi digelar di Sirkuit Motocross Jotosanur Primkop Suwoko Kodim 0812 Lamongan, digelar akhir pekan ini.

Ini adalah ajang perdana yang digelar di sirkuit yang diklaim memiliki lintasan terpanjang di Indonesia tersebut.

Sebelum even berlangsung, panitia sempat melaksanakan acara meet and greet bersama crosser Nasional yang dihadiri oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Acara dilaksanakan di Pendapa Lokatantra Pemkab Lamongan, Jumat (5/8/2022) malam.

Para pebalap yang turut hadir dalam acara tersebut di antaranya, pebalap wanita asal Yogyakarta Sheva Anella, juga pebalap asal DKI Jakarta Delvintor Alfarizi, Diewa Asmayana asal Bali dan tidak ketinggalan pebalap tuan rumah sekaligus peraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2022 Ananda Rigi Aditya.

Baca juga: Makin Konsisten, Vinales Start Kedua di GP Inggris

Koordinator kepanitiaan sekaligus ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Lamongan, David Rigi Afandi mengatakan, secara keseluruhan Sirkuit Jotosanur yang berada di lahan seluas 7 hektare dengan panjang lintasan 1.540 meter, telah siap menyelenggarakan even Kejurnas.

Sirkuit juga telah dilengkapi dengan table top (gundukan tanah) setinggi 6 meter, dengan panjang 31 meter.

Sirkuit Jotosanur di Lamongan, bersiap menggelar Kejurnas Motocross pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2022. *** Local Caption *** Sirkuit Jotosanur di Lamongan, bersiap menggelar Kejurnas Motocross pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2022.Dok. Pemkab Lamongan Sirkuit Jotosanur di Lamongan, bersiap menggelar Kejurnas Motocross pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2022. *** Local Caption *** Sirkuit Jotosanur di Lamongan, bersiap menggelar Kejurnas Motocross pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2022.

"Sarana dan prasarana maupun sirkuit sendiri, sudah siap untuk digelar even Kejurnas,” ujar David, di sela acara meet and greet, Jumat malam.

Kesiapan panitia penyelenggara dalam menggelar Kejurnas di Sirkuit Jotosanur mulai hari ini, mendapat apresiasi dari Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Dengan Yuhronur berharap, agenda dapat berjalan dengan sukses dan nantinya dapat melahirkan atlet-atlet baru profesional di dunia motocross, khususnya dari Lamongan.

Baca juga: Bahas Eksterior Mazda CX-5 Kuro Edition, SUV Gaya Modern

“Saya senang sekaligus bangga bisa duduk bersama dengan crosser-crosser nasional dan profesional di sini. Semoga acara besok (hari ini) sukses dan melahirkan atlet-atlet yang profesional, khususnya crosser Lamongan," ucap Yuhronur.

Yuhronur juga sempat menyinggung mengenai pembangunan Sirkuit Jotosanur, yang diprakarsai oleh Kodim 0812/Lamongan. Yuhronur berharap, keberadaan sirkuit dan even yang digelar kali ini, mampu meningkatkan gairah perekonomian di Kabupaten Lamongan usai dua tahun sempat terpengaruh oleh pandemi Covid-19.

"Keberadaan sirkuit dan adanya Kejurnas motocross ini, memberikan dampak positif di berbagai bidang, termasuk perekonomian. Bahkan hotel-hotel sudah full booking untuk even Kejurnas, termasuk segmen kuliner dan UKM pasti akan ramai,” kata Yuhronur.

Seperti diberitakan sebelumnya, David Rigi Afandi sempat menyebut, Sirkuit Jotosanur yang memiliki lintasan sepanjang 1.540 meter, diklaim sebagai yang terpanjang di Indonesia. Hal ini dikarenakan, rata-rata panjang lintasan sirkuit di Indonesia hanya 1.200 meter (standar nasional).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.