Alasan Pengemudi Bus dan Kru Bus AKAP Wajib Pakai Seragam

Kompas.com - 05/08/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa operator bus memberikan seragam pada pengemudinya. Jadi bisa dibilang antara pengemudi satu dan kru lainnya punya kesamaan, salah satunya dari baju yang dikenakan saat bertugas.

Sebelumnya, cuma beberapa operator saja yang memberikan seragam untuk pengemudinya. Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak PO yang menerapkan hal yang serupa.

Bahkan, ada juga yang kreatif dengan memberikan baju pengemudi mirip dengan pilot. Jadi bagaimana kreativitas dari operatornya memberi seragam seperti apa untuk pengemudi.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Kabin Bus Dimatikan Saat Perjalanan Malam Hari

Maryanto (64) salah seorang sopir PO bus New Shantika yang biasa mengambil rute Jakarta-Jepara.Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Maryanto (64) salah seorang sopir PO bus New Shantika yang biasa mengambil rute Jakarta-Jepara.

Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan mengatakan, seragam bisa menjadi identitas diri maupun perusahaan tempat pengemudi bekerja.

Seragam itu salah satunya untuk menunjukkan wibawa baik kru atau perusahaannya. Bayangkan kalau kru berpakaian semaunya, pasti jadi berbeda-beda karena tergantung selera,” kata pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Siap Meluncur, Tanpa Varian Diesel


Selain itu, menurut Sani seragam yang bisa dikenakan pengemudi dan kru tidak usah pakai embel-embel yang berlebihan. Sederhana saja yang penting merepresentasikan perusahaan otobus atau tempat kerjanya.

“Selayaknya seragam itu identitas perusahaan kita,” kata Sani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.