Toyota Innova Hybrid Siap Meluncur, Tanpa Varian Diesel

Kompas.com - 04/08/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Innova dikabarkan akan segera mengalami perubahan dengan meluncurkan generasi ketiga pada awal tahun 2023.

Dilansir dari Gaadiwaadi, Kamis (4/8/2022), multi purpose vehicle (MPV) 7 penumpang andalan Toyota mendapat ubahan yang cukup signifikan dari sisi teknologi.

Mobil yang sudah didaftarkan di India dengan nama HyCross ini diketahui akan dibekali teknologi hybrid.

Sebelumnya, penampakannya juga sudah beberapa kali tertangkap kamera sedang tes jalan.

Baca juga: Lingkungan Pemerintah Perlu Beri Contoh Pemakaian Kendaraan Listrik

Jika dilihat dari spyshot yang beredar, lekuk bodi dan dimensinya memang terlihat mirip dengan Toyota versi sebelumnya.

Desainnya masih boxy, hanya saja ada sedikit perbedaan pada bagian lampu belakang yang terlihat lebih pipih dengan posisi garis horizontal.

Begitu pula pilar D yang lebih tegak, sehingga diyakini ruang kepala untuk penumpang di baris ketiga akan lebih lapang.

Innova Hybrid juga akan dibekali dengan pelek yang lebih besar. Sementara di bagian depannya, dibuat sedikit rata dengan desain grille yang baru.

Dikabarkan Innova HyCross ini juga akan menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) dengan sistem penggerak FWD.

Mobil konsep andalan Toyota Kijang Innova BEV konsep study diboyong ke IIMS Hybrid 2022.KOMPAS.com/Stanley Mobil konsep andalan Toyota Kijang Innova BEV konsep study diboyong ke IIMS Hybrid 2022.

Namun sayangnya, belum ada keterangan lebih lanjut terkait spesifikasi mesin yang akan digunakan. Namun, dari informasi yang beredar Innova generasi terbaru tidak akan menjual tipe diesel, hanya ada pilihan mesin bensin dan hybrid.

Di Indonesia sendiri, sebelumnya Indra Chandra, Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan produksi lokal dari sebuah mobil hybrid yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun 2022.

Baca juga: Ada 5 Cara Menerapkan Eco Riding Saat Berkendara Motor Listrik

Digadang-gadang mobil tersebut adalah Kijang Innova hybrid. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang mengatakan bahwa Kijang Innova Hybrid akan dibuat di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Namun, ia tidak menjelaskan secara pasti kapan waktu peluncurannya.

“Mudah-mudahan tetap seperti rencana kami (akhir tahun),sehingga bisa dinikmati masyarakat Indonesia dalam waktu tidak terlalu lama lagi,” kata Indra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.