Alasan Chery Tidak Ikut Bermain di Segmen MPV

Kompas.com - 05/08/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery memutuskan akan membawa tiga segmen untuk bisa berbisnis di pasar otomotif Indonesia. Model tersebut, yaitu sport utility vehicle (SUV), crossover, dan kendaraan listrik (PHEV dan BEV).

Menurut pemapran prinsipal melalui Executive Vice President Chery International Zhang Shengsan, kendaraan jenis tersebut akan diluncurkan di Indonesia selama periode 2022-2025. Setelahnya, ada produk global baru yang masih rahasia.

Lantas, mengapa perusahaan otomotif asal China ini tidak masuk juga ke kelas multi purpose vehicle (MPV)? Sebab besaran pasarnya sangat menggoda, yakni sekitar 16-19 persen dari total penjualan mobil tahunan di Indonesia.

Baca juga: Chery Akan Produksi Mobil Listrik di Indonesia Akhir 2023

Chery Tiggo 8 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Chery Tiggo 8 Pro

"Memang segmen MPV sangat populer di Indonesia tapi saya juga percaya bila SUV bakal lebih populer. Alasan utama jenis MPV dicari karena masayarakat di Indonesia memiliki keluarga besar jadi butuh bangku banyak," katanya kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

"Sementara SUV kami, telah memiliki keandalan tersebut di samping teknologi yang lebih advance, lebih nyaman, dan desain serta mesin yang powerfull. Jadi ini merupakan suatu kombinasi yang sempurna," lanjut Zhang.

Produk SUV yang dimaksudnya, ialah Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Sedangkan jenis kendaraan crossover yang hendak dibawa Chery ke Indonesia ialah Omoda 5, baik versi mesin konvesional maupun listrik murni.

Baca juga: Chery Bakal Rakit 3 Model Ini Secara CKD di Indonesia

Chery Tiggo 7 ProKOMPAS.com/ADITYO WISNU Chery Tiggo 7 Pro

"Setelah kami kenalkan pertama kali (Tiggo Series) di IIMS 2022, feedback dari masyarakat sangat baik. Sehingga kami ingin sekali segera meluncurkan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro dalam waktu dekat," kata dia.

Dalam kesempatan sama, dalam upaya meningkatkan nilai tambah produk itu, Chery Indonesia memutuskan bakal langsung merakit lokalnya di pabrik rekanan yang bertempat di Bekasi, Jawa Barat.

Direncanakan pula bahwa distribusi perdana untuk model Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro dilaksanakan pada September-Oktober 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.