Hingga 31 Juli, Pendaftar Pertalite dan Solar Tembus 400.000 Kendaraan

Kompas.com - 03/08/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai saat ini, PT Pertamina (Persero) masih menggencarkan proses pendaftaran pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar.

Menurut Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, sejak pendaftaran dibuka awal Juli 2022, jumlah masyarakat yang melakukan registrasi terus bertambah.

"Bertambah, sampai 31 Juli lalu sudah ada 405.000 kendaraan masyarakat yang didaftarkan dalam program subsidi tepat sasaran," kata Irto, saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/8/2022).

Baca juga: Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, BP Agustus 2022, Melandai


Meski demikian, Irto menjelaskan implementasi QR Code belum dilakukan sambil menunggu revisi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014, tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.

Seperti diketahui, saat ini Pertamina sudah membuka pendaftaran penerima BBM subsidi bagi masyarakat hingga ke-50 wilayah di Indonesia. Bahkan Irto menjelaskan pada dasarnya registrasi terbuka untuk semua wilayah.

Ketika aturan mainnya terbit, baru akan dilakukan seleksi terhadap jenis mobil mana yang bisa menikmati BBM murah, kemudian mendapatkan QR Code sebagai identitas penerima subsidi.

Baca juga: Siap Meluncur, Suzuki S-Presso Pakai Transmisi AGS

"Pendaftaran ini terus berjalan dan pada dasarnya juga sudah dibuka di semua provinsi," kata Irto.

Syarat pendaftaran BBM SubsidTangkapan layar subsiditepat.mypertamina.id. Syarat pendaftaran BBM Subsid

Proses pendaftaran bisa dilakukan melalui tiga cara, yakni mendatangi langsung ke SPBU, menggunakan aplikasi MyPertamina, dan via situs resmi subsiditepat.mypertamina.id.

Untuk mendaftar via aplikasi dan situs resmi, pemilik kendaraan wajib menyiapkan beberapa dokumen, yakni :

- Foto diri
- Foto STNK
- Foto KTP
- Foto Kendaraan nampak samping dan depan yang terlihat pelat nomor, dan roda.
- Setelah semua formulir diisi, pendaftar akan mendapatkan konfirmasi lanjutan untuk proses pencocokan dengan waktu 7 hari kerja.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.