Banyak Motor Listrik di GIIAS 2022, Ini Komentar Gaikindo

Kompas.com - 03/08/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Show (GIIAS) tahun ini akan berfokus pada pengenalan teknologi kendaraan bermotor listrik, alias electric vehicle (EV).

Hal terkait secara ringkas terlihat dari daftar perserta yang mayoritas diisi oleh pabrikan otomotif yang berfokus pada teknologi EV, khususnya roda dua, seperti Davigo, Gesits, Selis, Smoot, sampai K-EVCBU.

Bahkan, asosiasi juga mengikutsertakan PT PLN sebagai pemasok listrik untuk kendaraan jenis itu, melalui fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SBKLU).

Baca juga: Risiko Baterai Terbakar, BMW Recall i4 dan iX

Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.

Dikonfirmasi Kompas.com pada Selasa (2/8/2022), Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara tidak menampiknya. Bahkan menurut dia, era elektrifikasi untuk kendaraan bermotor pribadi baiknya dimulai dari roda dua.

"Kalau mau memulai era kendaraan listrik, memang dari situ (sepeda motor). Ini kalau kita bicara untuk pasar Indonesia, ya. Jangan langsung yang terlalu mahal karena siapa yang mau beli," kata dia.

Mobil konvensional saja, lanjut Kukuh, belum bisa semua masyarakat Indonesia bisa menjangkaunya. Apalagi untuk yang berteknologi listrik, yang pasti menjadi lebih mahal karena komponen baterai dan motor.

Meski begitu, ia mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia dan pabrikan roda empat untuk mempercepat program kendaraan listrik bagi transportasi jalan lewat berbagai cara.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Dorong Era Elektrifikasi Kendaraan Bermotor

Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.

Satu di antaranya, ialah melakukan perakitan di dalam negeri agar beban biaya produksi bisa ditekan seiring dengan penggunaan komponen asal Tanah Air.

"Roda empat (listrik) itu terlalu mahal, jadi orang berpindah ke sana gambling. Yah, konsumennya belum terlalu confident sehingga menurut kami lebih tepat roda dua dahulu untuk didorong," ujar Kukuh.

Adapun pameran GIIAS tahun ini sendiri, akan dilaksanakan pada 11-21 Agustus 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan.

Perbedaan dari gelaran tahun lalu, GIIAS 2022 akan mengedepankan dan memperkenalkan kendaraan listrik berbasis baterai. Ini tergambar dari para perserta dan kegiatannya.

Baca juga: Berkomunikasi di Jalan, Baiknya Pakai Klakson atau Lampu Jauh?

Motor listrik MAB Electro EL03KOMPAS.com/STANLY RAVEL Motor listrik MAB Electro EL03

Seperti, kehadiran GIIAS Electric Vehicle Test Track, yang di mana merupakan area khusus di dalam ruangan untuk memperkenalkan masyarakat pada berbagai keunggulan kendaraan listrik. Mirip-mirip seperti helatan PEVS 2022 pekan lalu.

"GIIAS 2022 akan adi sarana yang memberikan sumbangsih pada salah satu aspek penting dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik Indonesia, yakni membangun pengetahuan masyarakat mengenai keunggulan, cara penggunaan, dan efek positif dari kendaraan berbasis baterai,” kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.