Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hingga 31 Juli, Pendaftar Pertalite dan Solar Tembus 400.000 Kendaraan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai saat ini, PT Pertamina (Persero) masih menggencarkan proses pendaftaran pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar.

Menurut Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, sejak pendaftaran dibuka awal Juli 2022, jumlah masyarakat yang melakukan registrasi terus bertambah.

"Bertambah, sampai 31 Juli lalu sudah ada 405.000 kendaraan masyarakat yang didaftarkan dalam program subsidi tepat sasaran," kata Irto, saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/8/2022).


Meski demikian, Irto menjelaskan implementasi QR Code belum dilakukan sambil menunggu revisi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014, tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.

Seperti diketahui, saat ini Pertamina sudah membuka pendaftaran penerima BBM subsidi bagi masyarakat hingga ke-50 wilayah di Indonesia. Bahkan Irto menjelaskan pada dasarnya registrasi terbuka untuk semua wilayah.

Ketika aturan mainnya terbit, baru akan dilakukan seleksi terhadap jenis mobil mana yang bisa menikmati BBM murah, kemudian mendapatkan QR Code sebagai identitas penerima subsidi.

"Pendaftaran ini terus berjalan dan pada dasarnya juga sudah dibuka di semua provinsi," kata Irto.

Proses pendaftaran bisa dilakukan melalui tiga cara, yakni mendatangi langsung ke SPBU, menggunakan aplikasi MyPertamina, dan via situs resmi subsiditepat.mypertamina.id.

Untuk mendaftar via aplikasi dan situs resmi, pemilik kendaraan wajib menyiapkan beberapa dokumen, yakni :

- Foto diri
- Foto STNK
- Foto KTP
- Foto Kendaraan nampak samping dan depan yang terlihat pelat nomor, dan roda.
- Setelah semua formulir diisi, pendaftar akan mendapatkan konfirmasi lanjutan untuk proses pencocokan dengan waktu 7 hari kerja.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/03/082200715/hingga-31-juli-pendaftar-pertalite-dan-solar-tembus-400.000-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke