Awas Macet, Ada Pawai di Jalur Puncak Malam Ini

Kompas.com - 29/07/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut Tahun Baru Islam, akan ada pawai obor yang digelar 19.30 WIB dengan titik awal pemberangkatan dari Masjid Harakatul Jannah di simpang Gadog, sampai Desa Citeko Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Hal ini disampaikan oleh KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjan. Ia menjelaskan, pengguna jalan sebaiknya menghindari jalur puncak.

Baca juga: Catat, Ganjil Genap di Puncak Bogor Berlaku Mulai Jumat Sore

"Jadi bagi pengendara diimbau untuk bisa menghindari jalur Puncak, lebih baik lewat jalur alternatif, tetapi kalau kendaraan sudah mengarah ke Puncak tetap pada antrian," ucap Ketut dikutip dari NTMC Polri, Jumat (29/7/2022).

Ia memprediksi akan ada kemacetan, karena pesertapawai obor mencapai ratusan orang dan tidak ada rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh Satlantas Bogor.

Tidak ada one way ataupun contraflow, namun kendaraan akan tetap berjalan seperti biasa atau dua arah. Namun ia mengatakan, akan terjadi hambatan dan perlambatan khususnya untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak.

Baca juga: Rekayasa Wujud Fortuner Terbaru yang Terinspirasi SUV Amerika

Selain itu, iring-iringan diprediksi berjalan sekitar 3 jam, dengan rute sejauh 9 kilometer.

"Kami imbau pada masyarakat dan pengendara tujuan Padalarang, Bandung untuk lebih baik menghindari jalur Puncak," ucap Ketut.

Kemudian sesuai dengan kebijakan, satu hari sebelum libur nasional akan diberlakukan pembatasan lalu lintas berupa sistem ganjil genap. Ini akan diberlakukan mulai Jumat sore nanti di pintu masuk Puncak Bogor atau Simpang Gadog, pnitu keluar tol Ciawi, Kabupaten Bogor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.