Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin di Siang Hari

Kompas.com - 27/07/2022, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa AC pada mobil bisa berubah kapan saja. Kabin yang biasanya selalu sejuk, tiba-tiba menjadi tidak dingin ketika dalam perjalanan.

Sering terjadi, AC mendadak tidak dingin pada siang hari padahal malam bisa sangat dingin. Tentu hal ini banyak menuai pertanyaan, apakah faktor alam atau memang ada masalah pada sistem pendingin kabin itu.

Berdasarkan logika, setiap terjadi perubahan performa, dari yang tadinya AC mobil bekerja normal bisa membuat dingin udara di dalam kabin, tapi tiba-tiba tidak bisa, itu merupakan sebuah pertanda ada perubahan secara performa.

Baca juga: Saat AC Mobil Dinyalakan Terdengar Bunyi, Normal atau Tidak?

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Nah, seperti apa sih yang sebenarnya terjadi ketika AC mobil tidak mampu mendinginkan kabin di siang hari?

Service Advisor PT Graha Rajasa (Denso) Andres Siswanto, mengatakan AC mobil yang normal seharusnya mampu mendinginkan kabin meski dipakai di bawah terik matahari, jika tidak mampu mendinginkan bisa jadi ada masalah pada sistem sehingga perlu dilakukan pemeriksaan.

“Tidak normal itu, AC mobil yang bagus pasti bisa mendinginkan udara di dalam kabin walaupun cuaca sedang terik, perlu diperiksa apakah ada masalah pada sistem AC-nya, ini bisa menjadi rumit karena banyak faktor yang mempengaruhi,” ucap Andres kepada Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: AC Mobil Tak Lagi Sejuk, Jangan Cuma Fokus Tambah Freon

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

Dia mengatakan, AC yang tidak mampu mendinginkan kabin bisa karena freon berkurang, yang artinya perlu diperiksa kebocorannya di mana, atau ada masalah lain seperti menurunnya performa kompresor, motor fan, dan lainnya; bahkan bisa juga dari kelistrikannya.

Sementara itu, Pemilik Markas Oto Spesialis Nissan & Datsun Anom Budi Prasetiyo, mengatakan selain perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, jika semua sistem bagus tidak ada salahnya memeriksa celah magnetic clutch.

“Kalau semuanya sudah dipastikan sesuai, tekanan freon, kelistrikan, tidak ada kebocoran, bisa dicoba melakukan pemeriksaan celah magnetic clutch, jika celah tersebut terlalu jauh bisa membuat AC tidak dingin di siang hari,” ucap Anom kepada Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Visco Fan yang Lemah, Bisa Jadi Penyebab AC Mobil Tak Lagi Sejuk

Perawatan servis kompresor mobil yang bermasalah. Kompas.com Perawatan servis kompresor mobil yang bermasalah.

Dia mengatakan beberapa kali menemukan kasus yang sama bisa diatasi dengan mengatur celah magentic clutch agar lebih mepet. Cara itu bisa membuat kompresor lebih lama dalam bekerja sehingga pendinginan makin maksimal.

“Celah magnetic clutch kan ada standarnya, antara 0,3 sampai 0,6 millimeter, itu bisa diatur dengan menambah atau mengurangi jumlah cincin di dalamnya,” ucap Anom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com