Kenali Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Minta Ganti

Kompas.com - 27/07/2022, 15:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin udara atau air conditioner (AC) pada mobil, sangat berhubungan erat dengan kenyamanan pengendara.

Artinya, ketika ada penurunan performa AC dalam mendinginkan udara di dalam kabin, alias tak lagi sejuk, maka akan langsung terasa.

Bila sudah demikian, otomatis pengendara harus melakukan pengecekan. Lebih baik lagi bila pengendara bisa mengidentifikasi permasalahan yang terjadi.

Seperti bila kompresor AC bermasalah dan perlu segera diganti, tanda-tandanya bisa dirasakan dari dalam kabin.

Baca juga: AC Mobil Tak Lagi Sejuk, Jangan Cuma Fokus Tambah Freon

 

Nah, seperti apa lebih tepatnya tanda-tanda tersebut?

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan mengatakan, bila kompresor AC bermasalah biasanya menimbulkan bunyi cukup keras yang terdengar dari dalam kabin.

“Suaranya ngorok, itu bisa dijadikan tanda kompresor bermasalah atau aus, tapi untuk memastikan perlu didengarkan dengan alat bantu sound skup, jadi bisa mempersempit ruang lingkup bunyi dari getaran yang dihasilkan,” ucap Agus, kepada Kompas.com, Selasa (27/7/2022).

Agus menjelaskan, bunyi kompresor mudah dikenali, karena ketika mesin mobil dinyalakan, normalnya AC tidak ada bunyi tersebut.

Tentu, sebagai pengendara akan lebih peka membedakan suara-suara aneh yang biasanya tidak ada pada kendaraan.

Baca juga: Kompresor AC Mobil Berisik, Ini Penyebabnya

“Bisa juga dengan memainkan switch AC, ketika AC Off mesin hidup, apakah bunyi tersebut masih ada atau tidak. Jika tidak maka dapat dipastikan masalahnya ada pada seputar kompresor, alternator, dan semua komponen yang berputar bersama drive belt,” ucap Agus.

Dari frekuensi bunyinya juga bisa dikenali. Bagaimana suara yang dimaksud jika didengarkan dan bagaimana bunyi setiap komponen yang ditempel sound skup.

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

Bunyi pada setiap komponen bisa disamakan frekuensinya, mana yang paling mirip, itu lah komponen yang rusak.

“Perlu segera diganti kalau kompresor sudah bunyi ngorok, biasanya diikuti dengan menurunnya kualitas oli freon yang jadi hitam. Sehingga dapat membuat pembengkakan biaya untuk membersihkan saluran freon pada sistem AC,” ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.