Komparasi Fitur Stargazer, Avanza, Xpander, Mana yang Lebih Lengkap?

Kompas.com - 25/07/2022, 16:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Hyundai Stargazer sebagai kendaraan keluarga di pasar dalam negeri membuat segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) kembali terangsang. Bahkan diprediksi akan semakin memanas seiring peningkatan produksi dan distribusi.

Pasalnya, mobil dihargai cukup terjangkau yaitu mulai Rp 243,2 juta sampai Rp 307 juta (OTR Jakarta). Cukup mepet dengan banderol penguasa kendaraan keluarga lainnya, seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Langkah yang berani dari Hyundai, karena di kelas ini rival-rivalnya sangatlah berat. Avanza sudah punya nama sejak lama dengan penjualann yang cukup baik, begitu pula dengan Xpander.

Baca juga: Komparasi Desain Eksterior Stargazer, Avanza, dan Xpander

Setir Kemudi Hyundai StargazerKOMPAS.com/Adityo Wisnu Setir Kemudi Hyundai Stargazer

Meski demikian, pihak perseroan tidak gentar karena Stargazer dipercaya memiliki modal kuat untuk memikat hati konsumen, salah satunya lewat fitur yang disemat.

Dari lembar spesifikasi, Stargazer dibekali dengan layar LCD 4,2 inci untuk kluster instrumen, layar sentuh berukuran 8 inci pada head unit, sampai sistem audio yang memiliki enam speaker.

Untuk fitur bantuan mengemudi, sudah tersedia cruise control, parking distance warning, anti-lock braking system, electronic stability control, hill-start assist, tire pressure monitoring system, manual speed limit assist, dan rear view monitor.

Tidak sampai di sana, mobil juga dilengkapi keyless, high beam assist, forward collision-avoidance assist, driver attention warning, lane keeping assist, lane following assist, hingga blind spot collision avoidance assist.

Baca juga: Jurus Toyota Halau Stargazer, Diskon Belasan Juta buat Avanza-Veloz

Toyota AvanzaDok.TAM Toyota Avanza

Sementara pada Xpander, head unitnya juga berukurang 8 inci dengan konektivitas smartphone, electronic parking brake, auto hold, cruise control, keyless, auto hold, pengaturan stir tilt dan telescopic, hill start assist, dan active stability control.

Untuk Avanza, juga tidak kalah menarik. Mengingat, mobil sudah disematkan fitur keselamatan berteknologi anyal, yakni Toyota Safety Sense (TFT).

Head unit-nya pun lebih besar satu inci dibanding kedua komeptitor tersebut. Lalu ada pre-collisioon warning, pre-collision braking, front departure alert, pedal misoperation control, sampai vehicle stability control, hill start assist, dan T Intouch (sambungan ke smartphone).

Sehingga, Avanza menjadi LMPV dengan teknologi pencegahan kecelakaan paling lengkap dibanding kedua kompetitornya itu berkat penyematan TFT.

Baca juga: Diskon MPV Murah Akhir Juli 2022, Xenia Tembus Rp 24 Juta, Ertiga Rp 21 Juta

Mitsubishi Xpander UltimateKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mitsubishi Xpander Ultimate

Hanya saja Avanza belum memiliki cruise control seperti Stargazer dan Xpander. Lalu terpantau hanya Xpander saja yang sudah dibekali electronic parking brake dan auto hold walau belum ada perangkat sambungan ke smartphone langsung.

Artinya, masing-masing model memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung kebutuhan para penggunanya sendiri ingin lebih mengedepankan apa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.