Jurus Toyota Halau Stargazer, Diskon Belasan Juta buat Avanza-Veloz

Kompas.com - 25/07/2022, 13:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Hyundai Stargazer di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) menjadi ancaman tersendiri bagi para rivalnya, sebut saja Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga.

Berbagai cara pun dilakukan pabrikan untuk tetap mempertahankan pasar, mulai dari meluncurkan varian terbaru hingga memberi potongan harga yang cukup besar.

Seperti yang dilakukan oleh oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) yang menyematkan varian baru pada LMPV sejuta umatnya, yakni Avanza E CVT dan Veloz CVT non Q.

Lantas, apakah cara ini sengaja dilakukan Toyota untuk menghalau kehadiran Stargazer?

Baca juga: Produsen Baterai ABC Akan Sediakan Aki Kering Lithium Untuk Motor

Menjawab hal ini, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menjelaskan, kedua varian tersebut sebenarnya sudah ada sejak awal meluncurkan Avanza dan Veloz pada November tahun lalu, hanya saja statusnya memang spot order.

Penampilan dari Hyundai Stargazer. 

Dok. Hyundai Penampilan dari Hyundai Stargazer.

“Kami perkirakan juga memang bukan menjadi main volume, tetapi kami sadar tetap ada potensi kebutuhan untuk model-model tersebut, makanya kami siapkan. Jadi rasanya ini murni dinamika permintaan pasar dan memang modelnya sudah kami siapkan dari jauh-jauh hari,” ucap Anton saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Tak hanya itu, berdasarkan pantauan tim redaksi Kompas.com, beberapa diler Toyota juga memberikan potongan harga hingga belasan juta rupiah yang cukup menggoda para konsumennya.

“Kalau Avanza E CVT diskonnya Rp 16 juta, sedangkan kalau Veloz CVT non Q Rp 18 juta. Unitnya ready, kecuali Veloz warna putih, inden kurang lebih 1 bulan tetapi bisa lebih cepat,” ucap salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Barat, saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Diskon yang cukup besar juga diberikan diler Toyota di Jakarta Selatan.

“Avanza Veloz diskonnya Rp 15 juta,” kata dia.

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.