Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moeldoko: Mobil Listrik Tidak Serumit yang Dipikirkan

Kompas.com - 22/07/2022, 12:22 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Momok yang selama ini muncul tentang kendaraan listrik, yaitu tidak sederhana seperti mobil atau sepeda motor berbahan bakar konvesional.

Masyarakat menilai menggunakan kendaraan berbasis baterai itu rumit, karena harus mengisi daya baterai dan lain sebagainya.

Menurut Moeldoko, Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) sebenarnya mobil listrik itu tidak serumit yang dipikirkan oleh para calon konsumen.

"Sesunguhnya mobil listrik itu simpel dan tidak ribet. Masyarakat akan bisa melihat langsung dimulai dari pameran ini," tutur Moeldoko dalam pidato di acara pembukaan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jumat (22/7/2022).

Baca juga: PEVS 2022 Resmi Dibuka, Dihadiri 50 Perusahaan Kendaraan Listrik

Moeldoko menjelaskan, diakui untuk edukasi kepada masyarakat membutuhkan perjuangan dan waktu, tetapi dengan adanya pameran kendaraan listrik ini bisa sedikit menjawab keraguan masyarakat tentang mobil listrik.

Pembukaan Pameran PEVS 2022Janlika - KOMPAS.com Pembukaan Pameran PEVS 2022

"Saya yakin dengan adanya pameran ini akan menjadikan pergerakan mobil atau kendaraan listrik semakin luar biasa. masing-masing industriawan dan pemilik industri mobil listrik akan ingin tampil lagi tahun depan, kalau perlu tidak setahun sekali tapi setengah tahun sekali," kata dia.

Pameran

DFSK Indonesia memperkenalkan mobil listrik mini di ajang PEVS 2022, JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/Stanley R DFSK Indonesia memperkenalkan mobil listrik mini di ajang PEVS 2022, JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 resmi dibuka hari ini, Jumat (22/7/2022) hingga 31 Juli 2022.

Dalam pameran ini, ada setidaknya 50 peserta yang turut meramaikan. Termasuk pelaku industri mobil atau motor listrik, hingga perusahaan pendukungnya seperti produsen baterai, dinamo, dan sebagainya.

Dari pabrikan otomotif, turut hadir Hyundai, Mobil Anak Bangsa (MAB), DFSK, hingga Mitsubishi yang akan memamerkan truk listrik Mitsubishi Fuso.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua dan kendaraan niaga, ada Erolis, Nozomi, Rakata, Smoot EV, Trolis, dan merek komponen pendukung kendaraan listrik seperti Birubatt, Fixio dan Oyika. Di samping itu, pengunjung nantinya juga akan disuguhkan pengalaman khusus yaitu mencoba test drive yang dilakukan di area indoor.

Sebagai informasi, tiket masuk PEVS 2022 bisa dibeli seharga Rp 30.000 per orang selama weekdays (Senin-Kamis), dan Rp 50.000 pada weekend (Jumat-Minggu). Tiket bisa dibeli melalui situs resmi www.dyandratiket.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com