Kompas.com - 22/07/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Momok yang selama ini muncul tentang kendaraan listrik, yaitu tidak sederhana seperti mobil atau sepeda motor berbahan bakar konvesional.

Masyarakat menilai menggunakan kendaraan berbasis baterai itu rumit, karena harus mengisi daya baterai dan lain sebagainya.

Menurut Moeldoko, Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) sebenarnya mobil listrik itu tidak serumit yang dipikirkan oleh para calon konsumen.

"Sesunguhnya mobil listrik itu simpel dan tidak ribet. Masyarakat akan bisa melihat langsung dimulai dari pameran ini," tutur Moeldoko dalam pidato di acara pembukaan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jumat (22/7/2022).

Baca juga: PEVS 2022 Resmi Dibuka, Dihadiri 50 Perusahaan Kendaraan Listrik

Moeldoko menjelaskan, diakui untuk edukasi kepada masyarakat membutuhkan perjuangan dan waktu, tetapi dengan adanya pameran kendaraan listrik ini bisa sedikit menjawab keraguan masyarakat tentang mobil listrik.

Pembukaan Pameran PEVS 2022Janlika - KOMPAS.com Pembukaan Pameran PEVS 2022

"Saya yakin dengan adanya pameran ini akan menjadikan pergerakan mobil atau kendaraan listrik semakin luar biasa. masing-masing industriawan dan pemilik industri mobil listrik akan ingin tampil lagi tahun depan, kalau perlu tidak setahun sekali tapi setengah tahun sekali," kata dia.

Pameran

DFSK Indonesia memperkenalkan mobil listrik mini di ajang PEVS 2022, JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/Stanley R DFSK Indonesia memperkenalkan mobil listrik mini di ajang PEVS 2022, JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 resmi dibuka hari ini, Jumat (22/7/2022) hingga 31 Juli 2022.

Dalam pameran ini, ada setidaknya 50 peserta yang turut meramaikan. Termasuk pelaku industri mobil atau motor listrik, hingga perusahaan pendukungnya seperti produsen baterai, dinamo, dan sebagainya.

Dari pabrikan otomotif, turut hadir Hyundai, Mobil Anak Bangsa (MAB), DFSK, hingga Mitsubishi yang akan memamerkan truk listrik Mitsubishi Fuso.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua dan kendaraan niaga, ada Erolis, Nozomi, Rakata, Smoot EV, Trolis, dan merek komponen pendukung kendaraan listrik seperti Birubatt, Fixio dan Oyika. Di samping itu, pengunjung nantinya juga akan disuguhkan pengalaman khusus yaitu mencoba test drive yang dilakukan di area indoor.

Sebagai informasi, tiket masuk PEVS 2022 bisa dibeli seharga Rp 30.000 per orang selama weekdays (Senin-Kamis), dan Rp 50.000 pada weekend (Jumat-Minggu). Tiket bisa dibeli melalui situs resmi www.dyandratiket.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.